Sultan HB X: Kalah Menang Itu Biasa

Nasional

Berita / Nasional 25 Views comments

Liputan6.com, Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Panembahan Keraton Yogyakarta. Bersama istri GKR Hemas, keempat anak serta menantunya dan cucu mencoblos tak jauh dari keraton.

Berjalan kaki Sultan HB X datang ke TPS menggunakan batik merah sekitar pukul 07.24 WIB masuk di Ndalem Cokronegaran lokasi TPS. Masuk dalam daftar urut 91 dari 285 daftar pemilih tetap di TPS ini.

Usai mencoblos Sultan HB X berpesan untuk menghargai keputusan Pemilu 2019.

"Saya kira terserah masyarakat pilihan publik. Kalah menang itu biasa saja. Pilihan itu kan publik yang milih. Ya ikhlas saja," kata Sultan HB X, Rabu (17/four/2019).

Jika ada gugatan setelah Pemilu menurutnya diatur dalam UU. Namun paling penting adalah kejujuran dalam Pilu 2019.

"Gugatan sah-sah aja. Saya kira jujur saja artinya kalau selisih suara besar ya susah kenapa saya dikatakan kalah. Ya jujur saja," katanya.

Terkait ada anggapan adanya pengerahan massa jika salah satu paslon kalah dinilai tidak akan terjadi.

"Individuals energy gak lah. Harapan saya Indonesia lebih baik," katanya.

Sultan mengaku ia lebih mudah membaca surat suara melalui wajahnya. Sebab menurutnya secara psikologi orang lebih mudah mengenal wajah daripada nama.

"Kalo pemilih tidak dari rumah tidak ada pikiran mencari dia pahami agak lebih lama saya cenderung gambar orang daripada nama," katanya.

Sultan mengaku membutuhkan waktu lebih lama ketika mencoblos di Pemilu 2019 ini. Kurang lebih hampir eight menit sampai selesai mencoblos.

* Ikuti Hitung Cepat atau Fast Rely Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Simak juga video pilihan berikut ini:

Debat kelima Pilpres 2019 akan berlangsung di Lodge Sultan, Jakarta pada Sabtu 13 April 2019.

Comments