Soetjipto Soentoro, Top Skor Sepanjang Masa Timnas yang Sosoknya Kini Mulai Terlupakan

Aneh Tapi Nyata

Nonton Film / Aneh Tapi Nyata 36 Views comments

Bagi pencinta sepak bola saat ini, tentunya nama Soetjipto Soentoro tidaklah acquainted di telinga mereka. Bahkan jika disuruh menyebutkan apa prestasi pesepakbola satu ini, mungkin akan banyak kesulitan. Hal ini tentu sebuah hal yang wajar, pasalnya, memang sosok tersebut sudah lama sekali meninggalkan percaturan sepak bola Indonesia.

Meski sudah berpulang sejak 1994 silam, namun ternyata jumlah golnya di Timnas hingga kini tetap dalam keabadian. Dimana belum ada satu pun pesepakbola tanah air yang mampu menyamai atau menyalipnya dalam urusan mencetak gol untuk Indonesia. Dan, jika melihat pesaing terdekatnya yaitu Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa yang jarang dipanggil Tim Merah Putih lagi, agaknya rekor gol pemain berjuluk Gareng ini, berpeluang akan semakin lama lagi. Lantas siapa sebenarnya pemain ini? Yuk mari simak ulasan berikut.

Pesepakbola dengan torehan puluhan gol bersama Timnas

Seperti telah diungkap tadi, sebagai mantan pemain pria asal Bandung ini merupakan prime skor sepanjang masa Timnas. Tercatat, ketika membela panji garuda di dada Soetjipto telah merobek gawang lawan Indonesia sebanyak 57 kali. Jumlah yang dihitung dari laga-laga Indonesia baik yang resmi FIFA atau laga uji coba.

Ilustrasi aksi Gareng di atas lapang hijau [Sumber Gambar]
Sepanjang kiprah mengolah si kulit bundar, pria telah berpulang 24 tahun silam ini terkenal mempunyai dribble yang oke dan kekuatan tendangan yang membuat acap kali ditakuti oleh lawan. Soentoro bergabung pertama kali bersama Timnas di tahun 1965.

Gol-golnya juga sempat kejutkan klub-klub Eropa

Selama membela Timnas terlihat ada banyak momen-momen indah yang dirasakan mantan pemain Persija Jakarta ini. Mulai dari beberapa kali antarkan Tim Merah Putih catatkan prestasi emas sampai sukses guncang Eropa. Ya, seperti telah banyak diceritakan, Soentoro adalah bagian dari Skuad Garuda yang pada tahun 1965 lakukan tur ke Benua Biru.

Soetjipto Soentoro angkat Trofi [Sumber Gambar]
Bermain di negeri orang persepakbola berjuluk Gareng ini sukses catatkan empat gol dari dua laga yang dijalani Indonesia di Eropa. Bahkan berkat penampilan bagusnya itu, bersama Max Timisela dan John Simon, ia sempat ditawari bergabung dengan klub Jerman Wender Bremen. Tapi, lantaran beberapa hal tawaran itu batal untuk diambil oleh pemilik 57 gol Timnas ini.

Selain Timnas, Soetjipto juga sempat sabet prime skor Liga Perserikatan

Selain ‘edan-edan’ saat di degree Timnas dengan torehkan banyak gol, hingga jadi prime skor di turnamen luar negeri, Soetjipto Soentoro rupanya juga jadi pesepakbola ganas kala bermain di kompetisi sepak bola nasional. Bermain bersama tim ibukota di Liga Perserikatan tahun 1964, Gareng sukses menjadi pencetak gol terbanyak ajang tersebut.

Soetjipto Soentoro bersama Iwa Fals [Sumber Gambar]
Usut punya usut, dirinya sukses merobek gawang lawan dengan complete 16 gol. Selain itu, di tahun tersebut mantan pelatih Timnas ini juga berhasil antarkan Persija Jakarta menjadi juara di Liga Perserikatan tersebut. Gelar mewah itu didapatkan setelah ia bersama pemain Persija mengalahkan tim Jawa Timur Persebaya dengan skor Four-1. Hebat bukan, memang tidak ada obatnya orang ini.

Penyerang yang gantung sepatu di usia yang masih muda

Walaupun mempunyai karier cemerlang di olahraga ini, Soetjipto Soentoro tidaklah mempunyai kiprah panjang di jagat sepak bola. Dilansir Boombastis dari Fandom.id, pemain yang lahir di tahun 1941 ini gantung sepatu di usia 29 tahun, usia yang masih tergolong muda. Keputusan yang mengejutkan tersebut kabarnya diambil setelah ia gagal memberikan prestasi terbaik untuk Timnas di Asian Video games 1970.

Timnas Vs Argentina di Piala Dunia U-20 Jepang [Sumber Gambar]
Pasca gantung sepatu, karier Soentoro dilanjutkan menjadi juru taktik ketika usianya menginjak kepala empat. Terhitung ada lebih dari tiga tim yang pernah diarsitekinya, mulai dari Persiba Balikpapan sampai latih Timnas U-19. Khusus hal terakhir itu, ia sukses antarkan Timnas U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 di Jepang.

BACA JUGA: Ramang, Pemain Bola Legendaris yang Membuat Indonesia Ditakuti Dunia

Hadirnya Soetjipto Soentoro memang sangat luar biasa. Bahkan menjadi ujung tombak berbahaya milik Timnas. Berkaca dari kiprah Gareng tadi, menjadi sebuah bukti jika Indonesia tidak pernah kehabisan talenta terbaiknya di olahraga. Besar harapan ke depan sosok penyerang hebat Timnas seperti Soetjipto akan terus bermunculan.

Comments