Setelah 35 Tahun, Balapan F1 Kembali akan Digelar di Sirkuit Zandvoort - Belanda

Berita Otomotif

Otomotif / Berita Otomotif 23 Views comments

KabarOto.com - Sirkuit Zandvoort merupakan sirkuit balapan yang terletak di Zandvoort, Belanda. Berlokasi dekat garis pantai lau utara, sirkuit ini pernah menggelar balapan Components 1 sekitar 35 tahun yang lalu, kini sirkuit tersebut kerap digunakan untuk menggelar ajang balapan DTM.

Formulation 1 dengan bangga mengumumkan bahwa GP Belanda kembali ke Kejuaraan Dunia Method 1 mulai tahun 2020. Perjanjian baru ini telah ditandatangani dengan kemitraan yang dibentuk oleh SportVibes, TIG Sports dan pihak Sirkuit Zandvoort.

Sirkuit Zandvoort akan menggelar balapan F1 mulai 2020 hingga 2023. Selain itu, Heineken, salah satu Mitra International Method 1 yang sudah lama berdiri, akan menjadi sponsor utama balapan di sirkuit tersebut.

Baca juga: Klasemen Konstruktor Formula 1, Ferrari Persiapkan Mesin Dengan Setting Terbaru

Bentuk lintasan Sirkuit Zandvoort

Terletak tidak jauh dari kota Amsterdam, Zandvoort adalah resor pantai utama di Belanda, yang dikenal karena pantainya yang panjang dibatasi oleh bukit pasir pantai. Sirkuit Zandvoort memiliki sejarah panjang sebagai tempat Method 1.

Dalam beberapa bulan mendatang, fasilitas balapan F1 akan dibangun kembali dengan bantuan dari pihak dewan kota Zandvoort dan beberapa mitra lainnya. Lintasan dan infrastruktur akan dimodifikasi untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIA untuk menjadi tuan rumah acara Kejuaraan Dunia Method 1.

Balapan F1 pertama kali diadakan pada tahun 1952, ketika dimenangkan oleh Ferrari dengan pembalap Alberto Ascari, yang kemudian memenangkan kejuaraan dunia tahun itu. Jim Clark memegang rekor langsung dengan empat kemenangan atas namanya. Grand Prix Belanda terakhir terjadi pada tahun 1985.

Balapan Sirkuit Zandvoort akan kembali tahun 2020 sebagai GP Belanda Heineken Formulation 1.

Comments