Riset G-Comm: Jokowi-Ma'ruf Unggul Dalam Persepsi Positif di Medsos

Nasional

Berita / Nasional 25 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dinilai masih unggul dari paslon nomor urut 02 Prabowo SubiantoSandiaga Uno dalam persepsi di media sosial. 

Hasil riset G-Communications (G-Comm) selama periode 1 hingga 31 Januari 2019 menunjukkan, kata kunci 'Jokowi Ma'ruf' di pemberitaan yang paling banyak dibagikan di media sosial sebanyak 84 persen berbunyi (tone) positif, dan negatif hanya 16 persen. 

"Sementara pasangan Prabowo-Sandi mendapat tone positif 77 persen dan negatif 23 persen,” ucap Direktur G-Comm, Andi Irman, dalam keterangannya Selasa (12/2/2019).

Dia mengatakan, keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf di media sosial ini akibat munculnya isu-isu negatif yang dialamatkan pada pasangan Prabowo-Sandi. Beberapa isu yang dibagikan seperti isu hoaks yang membelit tim Prabowo-Sandi dan pidato Prabowo yang dinilai pesimis.

"Dari hasil riset selama Januari, memang menunjukan isu-isu negatif yang disebarkan tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi, selain informasi hoaks dan rasa pesimis Prabowo, masyarakat di media sosial juga merasa visi-misi Prabowo tidak jelas saat debat perdana," kata Andi.

Andi mengatakan, isu lainnya yang mencuat di kubu Prabowo-Sandi adalah terkait keterlibatan Prabowo pada kasus HAM dan menyetujui mantan koruptor jadi calon legislatif.

Sementara itu, kata Andi, di periode yang bersamaan,yakni Januari 2019, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan beberapa tren isu yang ramai diperbincangkan di media sosial.

"Sejak tanggal 1 sampai 31 Januari, hasil riset menunjukan jumlah berita atau artikel yang dibagikan di kanal Fb dan Twitter dengan kata kunci 'Jokowi-Ma'ruf' mencapai four.314 berita atau artikel yang tersebar. Dari jumlah ini mendapatkan jumlah share sebanyak 2.518.472 dengan rata-rata share per artikel sebanyak 584," jelas Andi.

Comments