Resep Bakpao Telur Asin Kreasi Farah Quinn

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Farah Quinn kali ini merekomendasikan membuat camilan enak yakni bakpao telur asin. Ibu satu anak tersebut membagikan resep dan langkah pembuatannya melalui akun YouTube pribadinya.

Sebelum melangkah membuat bakpao, Farah Quinn memberi saran untuk terlebih dahulu membuat isiannya. "Yang pertama kita bikin isinya, kenapa? karena isinya harus didinginkan taruh di freezer kalau semalam even better," katanya dalam video.

Muat Lebih

Penasaran seperti apa cara langkah pembuatan bakpao telur asin kreasi Farah Quinn? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

Bahan-Bahan Isian Bakpao:

5 kuning telur asin

55 gr susu kental manis

30 gr susu bubuk

50 gr butter

Langkah Pembuatan Isian:

1. Campur kuning telur asin, susu kental manis, susu bubuk, butter, aduk rata memakai garpu.

2. Kalau sudah rata, bulat-bulatkan. Jika agak terlalu lembut bisa diletakkan di kulkas terlebih dahulu sekitar 30 menit sampai mulai agak keras baru dibulat-bulatkan dan taruh di freezer beberapa jam atau semalaman.

Pembuatan Kulit Bakpao

Kreasi bakpao telur asin ala Farah Quinn. (Screenshot YouTube Farah Quinn/https://www.youtube.com/watch?v=kzUANcxx4YE&t=3s/Putu Elmira)

Bahan-Bahan Kulit Bakpao:

150 gr tepung tang mien

150 gr tepung kunci biru

45 gr gula pasir

1 sdt fermipan

1 sdt baking powder

15 gr minyak sayur

1/2 sdt garam

160 ml air hangat

Pewarna makanan warna merah, kuning, hijau

Langkah Pembuatan:

1. Campur dengan mixer tepung tang mien, tepung kunci biru, gula pasir, fermipan, baking powder, minyak sayur, garam, dan masukan air hangat perlahan-lahan.

2. Ambil adonan secukupnya dibagi menjadi tiga.

3. Sisa adonan letakkan di mangkuk yang telah diberi minyak agar tidak lengket dan di-wrap. Sisihkan.

4. Ambil satu adonan yang telah dipotong diberi 3 tetes pewarna makanan warna merah, lalu diulen sampai warna bercampur. Lakukan ulang untuk warna kuning dan hijau lalu diamkan selama 30 menit.

5. Panaskan kukusan.

6. Adonan warna merah digiling untuk bunga hingga tipis, potong dengan cutter bentuk bunga.

7. Ambil sedikit adonan warna kuning dibulatkan lalu tempel di atas bunga, sebelumnya adonan bunga diberi air atasnya sebagai perekat.

8. Adonan warna hijau untuk daun, dan sebagian untuk batangnya. Giling tipis adonan warna hijau lalu lalu dipotong dengan cutter bentuk daun. Untuk batang, tinggal digulung dan potong-potong.

9. Ambil adonan sisa yang telah mengembang dan scale untuk satu adonan sekitar 40 gram.

10. Keluarkan isian dari freezer. Ambil adonan putih isi dengan isian dan dibulatkan, ambil air sebagai perekat di atas adonan untuk meletakkan hiasan bunga, daun, dan batang.

11. Ulangi hingga adonan dan hiasan habis dan jangan lupa letakkan di atas kertas untuk cupcake.

12. Kukus bakpao selama 10 menit, jika lebih adonan bisa meletus. Tutup panci kukusan lebih baik diberi kain agar air bekas kukusan tidak menetes ke adonan.

12. Sajikan bakpao yang telah dikukus. Selamat mencoba.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Pos terkait