Rektor di Sumut Sepakat Bijak Hadapi Hasil Pemilu 2019

Nasional

Berita / Nasional 47 Views comments

Selain pernyataan sikap, para rektor juga selalu mengimbau dan melakukan pendekatan kepada mahasiswa supaya tidak ikut demo tanpa tujuan jelas. Menurut Runtung, jika demo tentu pendekatan yang selalu dilakukan di perguruan tinggi adalah pendekatan orangtua dan anak.

"Ya, tentunya kita nasihati," ungkap Runtung.

Namun demikian, jika tetap ada mahasiswa, tenaga pendidik, dan dosen yang terlibat dalam kondisi politik Pemilu, apalagi sebelumnya sudah diberikan aba-aba dan imbauan pernyataan sikap seperti ini, maka para rektor tidak akan menghalangi penindakan, apalagi masuk ke dalam proses hukum.

"Tentu kita tidak bisa menghalangi proses hukum untuknya, jika pernyataan sikap ini sudah kita keluarkan, dan sepakati bersama," ucapnya.

Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I Sumut, Dian Armanto menerangkan, ide awal pernyataan sikap para rektor di Sumut ini dimulai dari adanya inisiasi perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Kemudian diinisiasi juga di Sumut oleh Rektor USU.

Menurut Dian, inisiasi pernyataan sikap tersebut merupakan pertanda bahwa semua ikut serta di dalamnya, dan juga pertanda bahwa semua sebagai pimpinan perguruan tinggi yang terdiri dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ditambah dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ikut serta dalam hal ini.

"Kita berkumpul untuk menyatakan sikap dan mudah-mudahan menjadi pertanda, bahwa kita ikut serta dalam memastikan semua berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan yang berlaku," Dian menandaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono diperiksa Ombudsman terkait kasus pelecehan seksual.

Comments