Pria Ini Temukan Piringan Hitam Terkubur di Rumahnya, Lagunya Bikin Penasaran

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Piringan hitam atau vinyl adalah sebuah media penyimpanan suara analog yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi. Benda ini mulai ada dan dikenal sejak tahun 1948. Di Indonesia, piringan hitam mulai digunakan sebagai alat perekam sekitar tahun 1957.

Beberapa artis seperti Koes Bersaudara, Titiek Puspa, dan Lilies Suryani adalah artis yang pernah merekam lagunya dalam format piringan hitam. Semakin berkembangnya zaman, piringan hitam sudah tak dipakai lagi. Bahkan benda hitam berdiameter sekitar 40 cm ini menjadi barang lawas dan antik. Kini justru banyak yang memburu piringan hitam sebagai koleksi.

Muat Lebih

Di saat para pecinta musik dan kolektor berebut untuk mencari piringan hitam lawas, pria ini justru mendapatkan piringan hitam yang tak sengaja ditemukan di dalam tanah rumahnya.

Pria ini menemukan piringan hitam di dalam sebuah kaleng mirip kaleng biskuit yang terkubur saat rumahnya direnovasi. Tukang yang memperbaiki rumahnya tersebut menemukan "harta karun" dan diberikan kepadanya. Uniknya, piringan itu masih berfungsi dan memperdengarkan sebuah lagu.

Diunggah di media sosial, lagu yang terekam di dalam piringan hitam itu justru membuat penasaran netizen. Lantaran tak ada yang tahu lagu apa itu.

Temukan Piringan Hitam Terkubur di Rumahnya

Pria ini temukan piringan hitam sata rumahnya di renovasi, saat diputar lagunya bikin penasaran. (Sumber: Twitter/@howtodressvvell)

Penemuan unik tersebut dibagikan lewat akun Twitter @howtodressvvell pada 6 Oktober 2019 lalu. Dilansir oleh Dailymail.co.id, Jumat (11/10/2019) pemilik akun tersbeut menuliskan keterangan bahwa ia menemukan piringan hitam ketika rumahnya di renovasi. Terkubur di dalam tanah dan berada di dalam kaleng biskuit.

Orang yang menemukannya adalah tukang bangunan yang sedang mengurus rumahnya. Lewat akun @howtodressvvell ia menuliskan,

“baru aja ngalamin hal unik. kuli bangunan nemuin vinyl di rumah w yg lg direnov” tulis cuitan akun tersebut.

Menemukan benda lawas, sang pemilik akun pun penasaran dengan rekaman apa yang ada di piringan hitam tersebut. Rupanya, piringan itu masih berfungsi dan berhasil di-convert lalu diunggah di media sosial.

Terdengar lagu lawas khas tahun 60-70an dengan suara wanita. Masih terdengar jelas, para netizen pun meramaikan cuitan tersebut.

karena penasaran dicoba puter, eh masih bisa!
gua convert nih. ada yg tau ini lagu siapa? pic.twitter.com/Wy43hmywTZ

— Ⓐ (@howtodressvvell) October 8, 2019

Netizen Penasaran

Pria ini temukan piringan hitam sata rumahnya di renovasi, saat diputar lagunya bikin penasaran. (Sumber: Twitter/@howtodressvvell/@boybaroto)

Tak hanya mengunggah foto penemuannya, @howtodressvvell juga mengunggah rekaman suara yang ada di piringan hitam tersebut. Berdurasi 2 menit 20 detik, terdengar lagu lawas dengan suara wanita.

"karena penasaran dicoba puter, eh masih bisa! gua convert nih. ada yg tau ini lagu siapa?" tulis pemilik akun.

Penasran, netizen pun juga turut mendengarkan lagu tersebut. Netizen yang juga penasaran punberlomba-lomba mencari penyanyi dan judul lagunya. Beberapa netizen berspekulasi bahwa lagu itu dinyanyikan antara Tetty Kadi, Ernie Djohan, Lilis Suryani. Ada pula yang menyebut Rika Suseno (1981) dalam album Permata dan sebagainya.

"keren bgt. bayangin yang ngubur itu pasti punya kenangan sendiri sama lagu itu sampe dimasukin time capsule. sayangnya gaada notesnya. mungkin ini lagu yang diputer pas dansa, kenapa gemes sekali:(" tulis @@tasyaprhy.

"GA TAU LAGU SIAPATAPI INI HARTA KARUN BANGETKONDISINYA BAGUS BANGET GA KRESEK2!!!" imbuh @picsartso.

"Denger lagu ini dgn penghayatan berasa kita balik ke kehidupan puluhan tahun silam." timpal @Nu_Riyadhinoo.

"Udah nanya nyokap, gak tau ey. Coba share ke grup keluarga sepuh deh," ide dari @j_fajriah.

Pos terkait