Persiapan Arya Jalani Operasi Angkat Kulit Gelambir Usai Turunkan Berat Badan

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Bandung Arya Permana (13), pasien obesitas asal Karawang, Jawa Barat, mendatangi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rabu (17/7/2019). Pihak RSHS rencananya akan melakukan operasi bedah plastik terhadap Arya untuk menghilangkan kulit berlebih sisa lemak di tubuhnya.

Arya tampak ditemani kedua orang tuanya juga mendatangi RSHS. Dia terlihat segar dan mampu berjalan dengan baik.

Muat Lebih

Dalam kesempatan itu, Arya bertemu dengan psikiater sebagai salah satu persiapan menghadapi operasi plastik yang akan dilakukan RSHS. Konsultasi itu dilakukan Arya agar mantap menghadapi operasi.

Menurut salah satu dokter yang turut menangani bocah Arya, Viramitha Kusnandi, kondisi psikis pasien saat ini dalam keadaan baik.

“Kalau masalah kejiwaan, karena penanganan ini satu tim, kita sudah mengkonsultasikan ke bagian psikiatri untuk kesiapan mentalnya. Kebetulan tadi pagi sudah ketemu dengan dokter bagian psikiatri. Insya Allah semua dalam keadaan baik saat ini sedang diassessment,” katanya.

Menurut spesialis anak nutrisi dan metabolik RSHS ini, berdasarkan keterangan psikiater, kondisi mental Arya sudah siap menjelang operasi. Mengingat pihak yang menginginkan operasi adalah Arya sendiri.

Terkait rencana bedah plastik, Viramitha menyatakan hal itu bukan wewenangnya untuk memberi penjelasan. Namun ia memastikan bahwa pendampingan secara psikis terhadap Arya akan dilakukan sebelum hingga selesai operasi.

“Kita turut mendampingi Arya Permana dengan psikiatri karena operasi ini tidak sekali. Ada beberapa tahap membuang bagian-bagian tubuhnya sehingga dalam perjalanan ini harus didampingi tim psikiatri,” ujarnya.

Seperti diketahui, badan Arya yang dulu mencapai berat 192 Kg kini telah berhasil turun seberat 87 Kg.

2 dari 3 halaman

Naik ke Meja Operasi 24 Juli

Arya Permana Bakal Jalani Operasi Plastik untuk Hilangkan Gelambir di Tubuhnya
Arya Permana bertemu dengan psikiater sebagai salah satu persiapan menghadapi operasi plastik yang akan dilakukan RSHS. Konsultasi itu dilakukan Arya agar mantap menghadapi operasi. (Dailymail.co.id/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokoler RSHS Bandung Renny Meysuburiyani mengatakan, penanganan operasi bedah plastik Arya dilakukan oleh tim.

“Jadi, untuk pasien Arya Permana akan menjalani operasi bedah plastik pada 24 Juli. Sekitar tanggal 20-an sudah masuk kamar untuk persiapan,” kata Renny di RSHS Bandung.

Saat ini, kata Renny, Arya menjalani pra operasi. Hal ini dilakukan untuk mengecek kondisi fisik bocah asal asal Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang itu.

Selain persiapan fisik, Arya juga menjalani persiapan psikis. Arya pun telah berkonsultasi dengan psikiater di RSHS.

“Hari ini, pasien Arya hanya menjalani pemeriksaan psikis. Jadi ini merupakan bagian dari pra operasi,” ujar Renny.

Operasi plastik di tubuh Arya akan dilakukan di empat bagian tubuh yang kulitnya menggelambir yaitu di lengan, kaki, perut dan dada. Renny melanjutkan, keterangan resmi soal teknis operasi bedah plastik Arya akan dilaksanakan RSHS sebelum operasi.

“Nanti ada keterangan resmi ke media dari RSHS,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Arya Permana, pasien obesitas asal Karawang yang dulu sempat berbobot 192 kg kini sudah berkurang drastis menjadi 87 kg setelah menjalani operasi bariatrik dan melaksanakan gaya hidup sehat. Arya akan menjalani operasi bedah plastik dalam waktu dekat…

Pos terkait