Persebaya Tekuk PSM di Gelora Bung Tomo

Nasional

Berita / Nasional 10 Views comments

Surabaya - Persebaya Surabaya menaklukkan pemuncak klasemen Liga 1 2018, PSM Makassar, dengan kemenangan Three-Zero di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dalam laga pekan ke-30 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Sabtu (10/11/2018) malam.

Kedua tim memperlihatkan permainan yang berbeda. Persebaya Surabaya mencoba untuk melakukan serangan dan terus menekan. Sementara itu, sang pemuncak klasemen, PSM, justru terlihat bermain bertahan.

Akhirnya setelah terus memberikan tekanan, Persebaya membuka keunggulan pada menit ke-39 lewat Ferinando Pahabol. Pemain Persebaya itu memanfaatkan kesalahan Steven Paulle yang ingin melakukan backpass kepada kiper menggunakan kepalanya. Namun, bola sundulan itu justru diterima dengan baik oleh Ferinando Pahabol yang masuk ke dalam kotak penalti dan mengecoh kiper PSM.

Dalam kondisi unggul, Persebaya terus berusaha memberikan tekanan kepada tim tamu dengan bermain menyerang sambil berhati-hati. Keunggulan 1-Zero untuk tim tuan rumah pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

David da Silva berhasil menggandakan keunggulan Persebaya pada menit ke-68. Mendapatkan bola di sisi kanan lapangan, pemain asal Brasil ini melakukan sprint hingga masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke arah tiang jauh PSM. Bola meluncur akurat mengoyak jala gawang PSM.

Persebaya berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-Zero pada menit ke-89 melalui gol yang dicetak melalui tandukan Fandry Imbiri. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Ruben Sanadi, Fandry menyambut bola dan mengarahkannya ke gawang PSM dengan baik tanpa mampu dihalau oleh Rivki Mokodompit.

Gol yang dicetak Fandry menjadi penutup kemenangan Persebaya Surabaya. Kemenangan ini membawa tim berjulukan Bajul Ijo itu naik empat peringkat ke posisi kesembilan dalam klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 41 poin dari 30 laga. Sementara itu, PSM Makassar tetap berada di puncak klasemen dengan hanya unggul empat poin dari Persija Jakarta yang berada di posisi kedua.

Susunan pemain:

Persebaya (Four-3-Three): Miswar Saputra (kiper); Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi, Mokhamad Syaifuddin (belakang); Rendi Saputra, Misbakul Solikin, Fandi Eko Utomo (tengah), Oktafianus Fernando, Ferinando Pahabol, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM (4-3-2-1): Rivki Mokodompit (kiper); Abdul Rahman Sulaeman, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Muhammad Fauzan Jamal (belakang), Muhammad Arfan, Steven Paulle, Rashyid Bakri, Wiljan Pluim, Man Junior (tengah), M. Rachmat (depan)

Pelatih: Robert Rene Alberts

Comments