Perketat Debat Capres Sesi Kedua, Paspamres Berjaga di Ring 1

Nasional

Berita / Nasional 527 Views comments

JawaPos.com - Untuk mengamankan jalannya debat calon presiden kedua, sebanyak 2.000 personel dikerahkan menuju titik lokasi debat di Lodge Sultan, Jakarta Pusat pada Minggu (17/2). Pihak kepolisian pun akan memperketat ring penjagaan di area debat capres 2019 mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menegaskan jajaran kepolisian gabungan akan menerjunkan sekitar 2.000 personel yang akan berjaga di ibu kota. Khususnya, rute yang akan dilalui kedua calon presiden.

Argo pun menjelaskan bahwa akan ada empat ring penjagaan di sekeliling panggung utama debat. Ring pertama akan dijaga oleh satuan Pasukan Pengamanan Kepresidenan (Paspamres), ring kedua, akan dijaga oleh pasukan TNI-Polri dan di ring ketiga, akan dijaga satuan kepolisian dari Polda Metro Jaya. Dan ring keempat, di sekitar space masuk keluar masuk pasangan calon, dan jalur evakuasi darat dan udara.

"Skema pengamanan tidak jauh beda dengan debat sebelumnya. Artinya, pengamanan nantinya akan menerapkan sistem empat lapis," ujarnya di Polda Metro Jaya, Kamis (14/2).

Argo mengatakan, terkait apakah saat pelaksanaan debat di Jalan Sudirman akan dilakukan rekayasa lalul lintas, menurutnya hal tersebut sedang dikaji oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus akan dilakukan jika situasi dan kondisi lalu lintas mengalami kemacetan parah. Sehingga, pengaturan lalu lintas disesuaikan dengan pergerakan kendaraannya.

"Apakah ada pengalihan arus atau buka tutup, atau nanti harus melewati jalur busway, hal itu menjadi bagian diskresi oleh Dirlantas," pungkasnya.

Diketahui, debat pilpres sesi kedua ini hanya melibatkan dari masing-masing calon presiden. Di sesi kedua ini, mengangkat tema sumber daya alam, energi, infrastruktur, pangan dan lingkungan hidup.

Debat sesi kedua ini akan diselenggarakan di Lodge Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu, (17/12). Moderator yang terpilih untuk memandu jalannya debat adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Wildan Ibnu Walid

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Wildan Ibnu Walid

Comments