Pemkot Palembang Rombak Ratusan Jabatan Petinggi ASN

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Palembang – Perombakan jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dilakukan secara besar-besaran, pada hari Senin, 17 Juni 2019.

Pelantikan ini dilakukan oleh Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo, di ruang Parameswara Setda Kota Palembang. Sebanyak ratusan pejabat Eselon II, III, dan IV mendapat posisi baru.

Muat Lebih

Wako Palembang mengungkapkan pelantikan ini merupakan hal biasa sebagai penyegaran agar kinerja pejabat semakin baik.

“Pada prinsipnya tidak ada yang mendapat posisi 'kursi panjang', semua ini bentuknya perputaran posisi saja,” ujarnya.

  • Menapaki Tangga Setapak Jejak Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang Palembang
  • Wako Palembang: Kaji Dulu Niat Pemekaran Wilayah Seberang Ulu
  • Warga 5 Kecamatan Menunggu Pemekaran Seberang Ulu Palembang

Dengan penyegaran posisi ini, lanjut Harnojoyo, akan ada ritme dan nuansa baru dalam bekerja, khususnya pelayanan ke masyarakat dan percepatan pembangunan Kota Palembang.

Sebanyak 102 orang pejabat yang dilantik seperti Kepala BPPD Kota Palembang, Asisten II Pemkot Palembang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Asisten I Pemkot Palembang.

Lalu ada Staf ahli Wali Kota Palembang bidang ekonomi pendapatan daerah, Kepala Kesbangpol Kota Palembang, dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang.

Menurut Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, pelantikan ini merupakan perombakan pertama. Dalam waktu dekat akan ada pelantikan lagi, untuk penyegaran jabatan di lingkungan Pemkot Palembang.

"Ada sisa 97 pejabat Pemkot Palembang yang dilantik terdiri dari eselon III dan IV," katanya.

Perombakan jabatan petinggi secara besar-besaran juga dilakukan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, pada hari yang sama.

Pelantikan yang digelar di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, dilakukan dengan merombak 99 jabatan Eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Sumsel. 2 dari 2 halaman

Jabatan Baru sebagai Amanah

Pemkot Palembang Rombak Ratusan Jabatan Petinggi ASN
Pelantikan besar-besaran pejabat Pemprov Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)

"Selamat kepada para pejabat yang baru dilantik, ini merupakan amanah dan kepercayaan dari pimpinan. Karena amanah ini adalah tugas mulia," ujar Nasrun Umar saat memimpin pelantikan.

Beberapa pejabat yang dilantik di lingkungan Pemprov Sumsel yaitu Pelaksana tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumsel Muhammad Rizwan, Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Muzakkir, Plt Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel Bakhnir Rasyid.

Lalu, Plt Karo Kesra Provinsi Sumsel Muhammad Iqbal Alisyahbana, Kepala Bandiklat Provinsi Sumsel Tarbiyah serta Plt Wakil Direktur (Wadir) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Syamsudin Isaac Suryamenggala.

"Saya mengharapkan dilantik ini harus dijawab dengan prestasi kerja yang mumpuni. Prestasi kerja yang ditunjukkan dan membanggakan," katanya.

Dari 99 pejabat eselon Pemprov Sumsel, ada beberapa pejabat yang dipromosikan dari staf menjadi eselon IV, dari eselon IV menjadi eselon III.

Simak video pilihan berikut ini:

Jaksa KPK membacakan dakwaan dalam sidang Romahurmuziy. Romy diduga menerima suap Rp325 juta dalam kasus suap jual beli jabatan.

Pos terkait