Pemilu 2019 Ikut Untungkan Kegiatan Bisnis di Pusat Perbelanjaan

Nasional

Berita / Nasional 3 Views comments

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang menjadikan hari ini sebagai tanggal merah ikut berdampak pada kegiatan usaha di mal atau pusat perbelanjaan.

Meski waktu pembukaan diundur satu jam, warga tetap berbondong-bondong untuk memadati pusat perbelanjaan lantaran adanya pesta diskon besar-besaran yang dilakukan ratusan service provider dan gerai ternama.

Melihat situasi ini, Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk Stefanus Ridwan menyampaikan, semarak pesta demokrasi ikut dirasakan banyak mal yang tersebar di berbagai kota.

"Dampaknya luar biasa. Ramai banget. Mulai dari jam 11.00 banyak orang-orang yang keluar untuk cari makan siang," ungkap dia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (17/four/2019).

Adapun sejak siang hingga memasuki waktu sore hari ini, berbagai hasil perhitungan cepat mulai banyak dipublikasikan. Secara mayoritas, banyak hasil perhitungan yang menyatakan pasangan calon (Paslon) 01 lebih unggul dari Paslon 02.

Kendati begitu, Ridwan menilai, hasil sementara tersebut tidak terlalu banyak memberi dampak terhadap kegiatan bisnis di mall dan pusat perbelanjaan.

"Saya kira enggak, sama aja. Baik itu pendukung 01 atau 02, dua-duanya juga berbelanja di mall yang sama," ujar dia.

Berkaca dari penyelenggaraan pemilu pada edisi-edisi sebelumnya, ia mengatakan, kehadiran pesta demokrasi memang sudah pasti memberi dampak positif pada sektor ekonomi, khususnya bisnis di pusat perbelanjaan.

"Siapapun yg menang, pasti ekonomi membaik. Pilpres aman dan lancar. Dari Pilpres di tahun-tahun lalu, ekonomi memang selalu membaik kan," tutur dia.

Tunggu Hitung Cepat, Warga Habiskan Waktu di Mal

Meriahkan HUT RI Ke-72, Mendag-Menpar Luncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia (iStock Photo)

Hari ini menjadi puncak demokrasi Indonesia karena sedang berlangsung Pamilihan Umum (Pemilu (2019). Untuk menghindari warga negara tak menggunakan hal pilihnya alias golput, pemerintah pun menetapkan 17 April 2019 sebagai hari libur nasional.

Tidak hanya itu saja, pemerintah dan beberapa pengusaha juga membuat program #klingkingfun atau diskon dan promo menarik ditawarkan dari 250 tenant guna mendorong masyarakat untuk menggunakan hal pilih. Tak heran jika sejak pukul 11.00 WIB beberapa pusat perbelanjaan telah mulai dipadati oleh pengunjung.

Namun begitu, beberapa masyarakat yang memilih menghabiskan waktunya dalam pusat perbelanjaan mengaku jika mereka tidak mengejar diskon ataupun promo menarik tersebut, bahkan kebanyakan dari mereka pun tidak mengetahui hal tersebut. Jadi mereka hanya menggunakan hari ini untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Hal ini diakui oleh beberapa pengunjung pusat perbelanjaan yang ada di Mall Kota Kasablanka salah satunya Yuni.

“Saya enggak tahu tuh. Tapi tadi kebetulan libur, jadi sekalian aja nemenin anak yang lagi nyari sesuatu. Soalnya kan diskon kayak gitu harus ditanya dulu kan, tapi nanti kalo bisa ya pake diskon,” ujarnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (17/four/2019).

Tidak hanya Yuni, ternyata hal yang sama juga dialami oleh pengunjung lain yang datang ke Mall Kota Kasablanka.

Diantaranya Dyan, dan Ayu. Mereka mengatakan momen libur ini mereka gunakan untuk kumpul keluarga besar saja tapi kalau nantinya bisa dapat diskon mereka tidak menolak menggunakannya.

“Sekarang cuma buat kumpul keluarga besar aja, soalnya kan hari biasa sulit. Ini mumpung pada libur jadi kumpul deh. Tapi kalo dikasih diskon mah enggak nolak,” kata Ayu.

Sebagai tambahan informasi, sebelum mall Kota Kasablanka dibuka tepat pada pukul 11.00 para pengunjung sudah terlihat memadati mall ini. Dan hingga siang ini, jumlah kedatangan pengunjung makin terlihat ramai disetiap sudutnya.

Sudah Nyoblos? Yuk Kunjungi 250 Gerai yang Beri Diskon hingga 50 Persen

Hari ini menjadi puncak pesta demokrasi di Indonesia. Terdapat 192 juta pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menyumbangkan suaranya dan menentukan nasib pemimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan.

Bukan hanya menjadi puncak pesta demokrasi saja, namun 17 April 2019 juga akan menjadi pesta diskon karena lebih dari 250 service provider dan gerai ternama di seluruh kota di Indonesia menawarkan promosi serta diskon yang menarik.

Ratusan diskon menarik ini merupakan wujud kerja sama antara pihak swasta yang diinisiasi oleh Sofjan Wanandi, salah satu tokoh pengusaha terkenal Indonesia dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta jaringan 107 Radio Peduli Pemilu. Program ini pun dikenal dengan sebutan #KlingkingFun

Konsumen yang merupakan warga pemilih yang telah mencoblos dan dapat menunjukkan jari yang telah dicelup tinta akan mendapatkan diskon menarik di hari ini. Diskon yang diberikan setiap gerai berbeda-beda, dan bisa mencapai 50 persen.

Meskipun bernama Klingking Enjoyable namun menurut Wakil Ketua Umum Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), Shinta W Kamdani menjelaskan, masyarakat dapat menunjukkan jari apapun yang telah tercelup tinta untuk memperoleh diskon tersebut.

Program ini pun menyasar 192 juta warga pemilih di Indonesia. Diharapkan dengan adanya diskon ini, tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen.

Sementara, KPU sendiri menargetkan tingkat partisipasi Pemilu 2019 mencapai 77,5 persen.

Comments