Inovasi Gerobak Listrik Pemkab Tuban, Penggerak Laju Ekonomi di Tengah Pandemi

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, melakukan terobosan di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, meluncurkan gerobak listrik (Gelis) ramah lingkungan untuk masyakat dan pelaku usaha.

Inovasi itu sebagai bentuk pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah yang dikenal sebagai kota bumi wali itu, dengan melakukan sinergitas Diskoperindag Tuban bersama Kamar dagang dan industri (Kadin) UMKM.

Bupati Tuban, H Fathul Huda, mengapresiasi Kadin UMKM yang selama ini belum ada wadah organisasi yang mengurusi semacam Kadin.

"Ini adalah sesuatu langkah maju, mudah-mudahan dengan Kadin UMKM ini bisa membawa Tuban lebih maju lagi UMKM nya," ungkap Fathul Huda usai mencoba langsung si Gelis, Senin (23/11/2020).

Selain itu, ia mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan segala aktivitas tujuannya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Diskoperindag Tuban, Agus Wijaya menyampaikan, jika masyarakat ingin mendapatkan si Gelis yang telah dicoba oleh Bupati Tuban, pihaknya akan merekomendasi.

"Daftarnya lewat kami, kita sampaikan Kadin UMKM karena agen tunggal di Tuban adalah mereka," ujar Agus.

Lebih lanjut, ia berharap adanya sarana prasarana ini bisa di maksimalkan atau digunakan secara maksimal oleh pelaku usaha di Kabupaten Tuban. Dia bilang, fasilitas bank yang selama ini mendanai itu sangat mudah dan ringan.

"Ini sangat menjanjikan, kami berharap untuk penggunaan kendaraan menggunakan BBM bisa bergeser ke listrik karena lebih praktis, lebih mudah, dan kedepannya akan kita sediakan tempat ngecas di t**ik-titik tertentu, sehingga fasilitas terhadap pelaku usaha bisa terfasilitasi dengan baik," katanya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan