Melihat Duel Mike Tyson Vs Roy Jones Jr dari Kacamata George Foreman

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Tidak ada yang lebih memahami kembalinya Mike Tyson ke ring tinju sebaik George Foreman. Pengalaman yang pernah dilaluinya membuat Foreman sadar betapa beratnya pertarungan tersebut.

Mike Tyson seperti diketahui bakal berhadapan dengan Roy Jones Jr pada 28 November 2020. Duel ekshibisi yang bertujuan mengumpulkan dana amal ini akan digelar di Staples Center, LA, California.

Duel bakal berlangsung 8 ronde di bawah pengawasan Komisi Atlet Negara Bagian California (CSAS). Aturan telah dirancang untuk menghindari kedua petinju 'sepuh' itu untuk saling melukai.

Foreman sebenarnya tidak tahu alasan sesungguhnya Mike Tyson bersedia naik ring lagi. Apalagi usianya saat ini sudah menginjak 54 tahun dan lawannya, Jones Jr hanya terpaut tiga tahun lebih muda.

"Ini seperti kegilaan sementara," kata Foreman kepada Yahoosport.

"Ini seperti, orang tua yang ingin kembali berlayar di laut. Sepertinya semua terlihat damai, menyenangkan, jadi dia ingin melakukan itu. Lalu dia pergi dan ombak besar mulai datang dan lautan bergejolak, hujan mulai turun dan angin bertiup kencang. Lalu dia pun bertanya, 'Tuhan, kenapa aku melakukan ini semua,'," ujar mantan juara dunia kelas berat versi WBA dan IBF itu menambahkan.

"Ini terjadi kepada banyak dari kita. Dan Anda akhirnya menyadari Anda seharusnya tetap berada di tanah kering di mana semuanya aman dan nyaman. Satu hal yang berat ketika Anda memutuskan kembali lagi, Anda ingat apa yang seharusnya bisa Anda lakukan saat ini," kata Foreman.

Menurut Foreman, kekuatan dan waktu menjadi dua elemen yang hilang ketika Anda kembali dari pensiun. Dan menurutnya, hal itu sangat sulit untuk dikembalikan setelah bertahun-tahun vakum.

Pengalaman Foreman

Melihat Duel Mike Tyson Vs Roy Jones Jr dari Kacamata George Foreman
George Foreman

Foreman sebelumnya juga pernah memutuskan pensiun setelah kalah dari Jimmy Young pada tahun 1977. Namun 10 tahun kemudian, Foreman kembali lagi dan berusaha memburu gelar juara dunia kelas berat. Setelah tujuh tahun, Foreman akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya dengan kemenangan KO atas Michael Moorer dan berhak menyandang sabut juara kelas berat WBA dan IBF.

Pada tahun 2004, Foreman sebenarnya sempat berlatih untuk kembali lagi. Dan bila hal itu terjadi, Foreman hanya beberapa bulan lebih tua dari usia Mike Tyson saat bertemu Jones Jr, Minggu ini.

Foreman berusia 45 tahun saat merebut gelar juara dunia kelas berat dari tangan Moorer dan dia berniat mengulanginya lagi di usia 55 tahun melawan David Tua. Hanya saja, ketika semua persiapan sudah dijalani dan berjalan dengan baik, Foreman membatalkan niatnya tersebut. Foreman tidak kuasa melawan permintaan sang istri yang melarangnya untuk kembali naik ring sembari berlutut di tanah.

Tantangan Mike Tyson

Bagi Foreman, Tyson bisa saja menemukan kembali kekuatan pukulannya. Namun satu hal yang tak mungkin kembali adalah kecepatan. Dan menurut Foreman, ini bakal jadi keunggulan Roy Jones Jr.

"Mike Tyson sudah lama pensiun, tapi dia selalu punya kekuatan dan saya pikir dia akan memiliki itu pada Sabtu ini (Minggu WIB)," kata Foreman.

"Tapi lalu Anda melihat manusia di depan Anda dan Anda berkata pada diri sendiri, 'Oh, pukul dia.' Dan kemudian manusia itu bergerak. Ini adalah dinamika yang berbeda dan Anda berkata, 'Sobat, saya tidak bisa memukulnya.' Butuh beberapa pertandingan untuk mendapatkannya (kecepatan), jadi saya tertarik untuk melihat bagaimana Mike Tyson menangani kecepatan dan gerakan Roy Jones Jr."

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan