Tips Bikin Suasana di Rumah Selalu Sejuk, Bebas Gerah, dan Tidak Boros Listrik

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Suasana rumah yang sejuk dan bebas gerah tentu idaman sekali bagi masyarakat Indonesia, terlebih yang tinggal di kota-kota besar dan sekarang lebih sering menghabiskan waktu di rumah karena melakukan work from home maupun pembelajaran jarak jauh.

Untuk memastikan udara di rumah selalu sejuk, banyak orang memilih menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Akan tetapi risiko selanjutnya adalah pemakaian listrik yang akan lebih melonjak dari sebelumnya dan menyebabkan pengeluaran membengkak. Ada cara lain bisa kamu lakukan tanpa harus mengandalkan AC setiap hari.

1. Rutin Buka Pintu dan Jendela

Kamu perlu memperhatikan bukaan yang cukup. Jika pintu rumah, kamar, dan jendela kerap tertutup sama saja dengan mencegah udara masuk. Untuk merasakan udara sejuk dan adem, biarkanlah udara dari luar masuk ke rumah, mengalir secara alami.

Buka jendela rumah.
Buka jendela rumah.

Biasakan membuka pintu pada pagi, sore dan malam hari karena saat itu hawa di luar terasa sejuk. Sebaiknya hindari membuka pintu atau jendela di siang hari yang terik karena hawa sedang panas.

2. Ventilasi Silang

Sebuah jendela dalam satu ruangan ternyata tidak cukup untuk merasakan udara sejuka. Agar pertukaran udara berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan.

Selain itu, peletakan interior juga jangan sembarangan supaya perputaran udara berjalan dengan lancar. Hindari menempatkan berabotan besar dekat ventilasi udara.

3. Gunakan Exhaust Fan

Untuk menghindari udara panas di dapur dan kamar mandi, penggunaan exhoaust fan jadi hal wajib. Selain kedua area tersebut, kamu juga bisa gunakan exhaust fan di ruang tamu maupun kamar. Exhaust fan berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar dan pada saat bersamaan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan. Selain itu, exhaust fan juga dapat mengatur volume udara yang akan disirkulasikan ke dalam ruangan.

4. Kipas Angin

Kipas angin masih menjadi andalan untuk merasakan udara sejuk dan mengusir gerah. Harganya yang murah dan hemat listrik membuat kipas angin digemari orang-orang. Merk-merk baru pun bermunculan menawarkan model dan teknologi yang baru pula. Meski begitu merk lama tetap bertahan karena telah memiliki konsumen setiap. Seperti merk asal Jepang yang terkenal dengan 3 keunggulannya yakni Super Nyaman, Super Aman, dan Super Bandel.

Kipas Angin.
Kipas Angin.

Produsen perlengkapan rumah tangga yang berpengalaman ini memiliki slogan unik " Nikmati Sejukanya Hari dengan Teknologi yang Peduli Bumi.

Jika kamu hendak membeli kipas angin pastikan bahwa kamu mengetahui jenis-jenis kipas angin dan fungsinya, agar tidak keliru saat memilih. Karena ada banyak jenis kipas dengan kelebihan masing-masing. Mulai dari kipas angin mini, duduk, berdiri, dinding, gantung, kipas angin AC, multifungsi hingga kipas angin baling-baling. Mumpung lagi ada Waktu Indonesia Belanja, kamu bisa berburu kipas yang diinginkan.

5. Perhatikan Bahan Seprai dan Sarung Bantal

Untuk kenyamanan tidur kamu, hindari menggunakan bahan bermaterial sintetis spreai dan sarung bantal, karena mereka tidak bisa membuat kulit bernafas dengan lega dan meningkatkan suhu tubuh. Sebaiknya gunakan bahan katun atau linen untuk seprai, sarung sofa, gorden, sampai dengan karpet. Bahan-bahan tersebut bisa menjauhkan kulit yang lembab karena kepanasan.

6. Perbanyak Tanaman di Sekitar Rumah

Tips Bikin Suasana di Rumah Selalu Sejuk, Bebas Gerah, dan Tidak Boros Listrik
Rumah Daniel Mananta (Sumber: YouTube/Boy William)

Untuk membuat rumah sejuk yang efektif dan hemat listrik adalah dengan menanam tanaman atau pohon di sekitar rumah. Namun, apa jadinya jika halaman rumah terbatas? Solusinya, kamu bisa menanam tanaman rambat menggunakan pergola atau tanaman yang merambat di dinding. Selain membuat suasana adem, tanaman juga memasok oksigen bagi penghuni.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjadikan rumah sejuk tanpa harus selalu bergantung pada penggunaan AC setiap harinya. Namun, jika memang tetap ingin merasakan cuaca sejuk dan dingin dari sebuah AC, pastikan memilih AC yang hemat energi. Untuk AC hemat energi, kamu bisa percayakan pada brand elektronik asal Jepang yang sudah berusia 102 tahun. Selain memproduksi kipas angin, brand tersebut juga menciptakan AC berteknologi modern dan hemat listrik.

(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan