Menengok Pameran Urban Garden, Ada Tanaman Hias Seharga Rp 7,5 Juta

Dailymail.co.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 membawa tren tanaman hias. Masyarakat yang lebih banyak bekerja di rumah membangun hobi dengan memelihara tanaman. Tren ini membuat Summarecon Mall Serpong menggelar pameran tanaman dengan nilai hingga jutaan rupiah.

Tren mengoleksi dan merawat tanaman hias kian populer di kalangan kaum urban. Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah saja menjadi salah satu faktor yang membuat hobi tanaman hias kembali populer, dan menjadi favorit banyak orang sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Maka, bagi mereka yang memiliki budget lebih untuk hobi, merogoh hingga jutaan rupiah untuk tanaman incaran, bukanlah hal yang mustahil.

"Saya beli ya kisaran Rp 1 juta sampai Rp 2,5 juta, itu untuk kualitas tanaman yang memang sangat baik. Lihat langsung, memang benar, ini yang saya incar, saya beli dan tinggal dirawat dengan baik di rumah," tutur Sarah, salah seorang kolektor tanaman yang sedang berburu jenis plowmanii, seperti ditulis Selasa (24/11/2020).

Namun, dia anti membeli tanaman di market place. Bukannya khawatir ditipu, namun Sarah mengaku tipikal pembeli yang harus melihat dan memegang langsung tanaman yang dia incar.

"Makanya lebih baik datang langsung ke toko tanamam atau pameran begini, banyak juga pilihannya," tutur Sarah.

Di pameran Urban Garden tersebut, ada tanaman jenis Plowmanii seharga Rp 7,5 juta. Jenis tanaman berdaun lebar dan berwarna hijau pekat ini, ada juga yang dijual satu pot pe rtangkai, dimulai dengan harga ratusan ribu rupiah pertangkainya.

"Sudah banyak yang nyari dan beli, ada juga yang nyari Plowmanii, banyak juga cari yang lain, seperti dari jenis Philodendron monstera deliciosa, atau philodendron lainnya,"ungkap salah seorang penjual.

Pameran tanaman hias yang diisi oleh beberapa tenant seperti Tani Hub, Primaflora Vertical, Philomenaplant ini, akan digelar hingga sepekan kedepan.

Bisa untuk Belajar

Semasa pandemi Covid-19, ternyata membawa tren tanaman hias kembali membooming. Bahkan di Summarecon Mall Serpong, dipamerkan harga tanaman senilai jutaan rupiah.

Sementara, menurut Center Director Summarecon Mall Serpong, Tommy, Urban Garden dapat menjadi ajang bagi para pehobi tanaman hias untuk melihat berbagai jenis tanaman hias. Serta belajar bagaimana tips memilih tanaman, berkebun di rumah, dan cara bercocok tanam hidroponik, maupun aquaponik.

"Jadi bukan hanya sekedar tanaman mahal saja, tapi ada juga tips atau cara bercocok tanam terutama sayuran dengan cara hidroponik dan aquaponik, yang memanfaatkan lahan sempit,"ungkap Tommy.

Dia juga memastikan pameran tersebut juga dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Seperti pengecekan suhu badan, wajib memakai masker, tidak boleh menggunakan masker scuba, menyediakan hand sanitizer di dalam area pameran, pengaturan jaga jarak, serta pembayaran non-tunai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pos terkait