Mantan Menlu AS John Kerry Dipilih Joe Biden Jadi Pimpinan Teratas Tangani Masalah Iklim

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Washington D.C – Mantan Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan bertindak sebagai "tsar iklim" ketika Presiden terpilih AS Joe Biden menjabat.

Kerry adalah salah satu dari beberapa orang yang ditunjuk untuk posisi teratas oleh tim transisi Biden pada hari Senin.

Mengutip BBC, Selasa (24/11/2020), pilihan utama lainnya termasuk Avril Haines sebagai wanita pertama yang memimpin intelijen, dan asisten lama Biden Antony Blinken sebagai menteri luar negeri. Keduanya merupakan posisi kebijakan luar negeri yang paling penting.

Penunjukan oleh Joe Biden dilakukan ketika seruan bagi Donald Trump untuk mengakui pemilihan kian meluas.

Dia telah membuat klaim yang tidak berdasar tentang kecurangan pemilu yang meluas dan terus mengejar tantangan hukum atas hasilnya.

Dalam sebuah pernyataan menyusul pengumuman pada hari Senin, Biden berkata: "Saya membutuhkan tim yang siap pada hari pertama untuk membantu saya merebut kembali kursi Amerika di puncak klasemen, mengumpulkan dunia untuk menghadapi tantangan terbesar yang kita hadapi, dan memajukan keamanan, kemakmuran, dan nilai-nilai kita. Inilah inti dari tim itu."

Sementara itu, beberapa posisi masih memerlukan konfirmasi di Senat AS.

Beberapa peran kunci belum diumumkan secara resmi. Ekonom dan mantan ketua Federal Reserve Janet Yellen dilaporkan menjadi pilihan Biden untuk memimpin departemen keuangan. Jika dikonfirmasi, dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu dalam sejarah AS.

John Kerry Tangani Isu Iklim

Mantan Menlu AS John Kerry Dipilih Joe Biden Jadi Pimpinan Teratas Tangani Masalah Iklim
UKM Kacang Mete RI Menang Penghargaan Spesial dari Menlu AS (Foto:redknucklepolitics.com)

Kerry dipilih untuk peran utusan khusus presiden untuk iklim.

Tim transisi Biden mengatakan posisinya akan membuatnya "melawan perubahan iklim secara penuh waktu". Dia juga akan menjadi pejabat pertama yang didedikasikan untuk perubahan iklim dan duduk di Dewan Keamanan Nasional.

Kerry menandatangani perjanjian iklim Paris atas nama AS pada 2016. Kesepakatan itu berkomitmen pada negara-negara untuk bekerja membatasi kenaikan suhu global.

Di bawah Trump, AS bulan ini menjadi negara pertama yang secara resmi menarik diri dari perjanjian tersebut. Tetapi Biden mengatakan dia berencana untuk bergabung kembali dengan perjanjian itu secepat mungkin.

Kerry menulis cuitan di Twitternya: "Amerika akan segera memiliki pemerintah yang memperlakukan krisis iklim sebagai ancaman keamanan nasional yang mendesak. Saya bangga bermitra dengan Presiden terpilih, sekutu kita, dan para pemimpin muda dari gerakan iklim untuk mengambilnya tentang krisis ini sebagai Utusan Iklim Presiden."

Kerry sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri selama masa jabatan kedua Barack Obama sebagai presiden. Sebagai seorang politisi Demokrat veteran, ia kalah dari petahana Partai Republik George W Bush dalam pemilihan presiden 2004.

Dia adalah senator selama 28 tahun dan ketua komite hubungan luar negeri.

Dia mendukung Biden untuk menjadi kandidat Partai Demokrat pada pemilihan 2020 dan bergabung dengannya di jalur kampanye.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan