Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Komite Eksekutif Asosiasi Minifootball Asia

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta- Kabar menggembirakan datang dari sutradara Andibachtiar Yusuf. Dia terpilih sebagai salah satu anggota Komite Eksekutif Asosiasi Minifootball Asia atau disebut juga dengan Asian Mini Football Confederation (AMFC).

Pada awal tahun 2020, AMFC menggelar kongres pertama di Kuala Lumpur, Malaysia tepatnya pada 1 Februari 2020. Ada 15 negara yang hadir di Hotel Istana Kuala Lumpur, Malaysia tempat berlangsungnya Kongres.

Muat Lebih

Pada kesempatan tersebut, Dr Aldousari Mohammad dari Arab Saudi terpilih sebagai Presiden AMFC periode 2020 hingga 2024. Kabar baik datang dari delegasi Indonesia, dimana Ketua Umum Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI) Andibachtiar Yusufhttps://www.liputan6.com/tag/andibachtiar-yusuf juga terpilih sebagai anggota Komite Eksekutif.

Selain Indonesia, Komite Eksekutif juga dijabat wakil Singapura, India serta Pakistan untuk 4 tahun mendatang.

Jajaran pengurus AMFC memiliki tugas yang cukup berat, karena minifootball tidak sekedar bagian dari keluarga besar sepakbola pada umumnya namun juga harus berkembang sebagai permainan mandiri.

Maka untuk mempercepat akselerasi pengembangan Minifootball (Sepakbola Mini), AMFC berencana untuk menggelar Piala Asia pertama di Riyadh, Arab Saudi pada bulan November 2020.

FSMI

Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI), mendukung penuh program ini. Menurut Andibachtiar Yusuf, "Kongres Asia ini meyakinkan kita untuk terus mengembangkan permainan minifootball di Indonesia, apalagi sesungguhnya masyarakat kita sudah memainkannya sejak lama. Di setiap sudut, di setiap ada tempat yang tak luas anak-anak sudah bermain minifootball. Sekarang tidak sekedar memainkannya, tapi malah punya kesempatan untuk berlaga di pentas internasional."

FSMI sendiri telah berdiri sejak 2016, dan kemudian menjadi anggota tetap Federasi Minifootball Dunia atau World Minifootball Federation (WMF) pada tahun 2018. Sejauh ini minifootball dimainkan dalam dua konsep permainan, yaitu 6 aside (6 x 6) atau 7 aside (7 x 7). WMF sudah menggelar tiga kali Piala Dunia dengan konsep bermain 6 aside.

Piala Dunia

Piala Dunia pertama digelar pada tahun 2015 di Amerika Serikat, 2017 di Tunisia dan pada 2019 di Australia. Indonesia mengejar peluang untuk bisa menembus Piala Dunia 2021 yang akan digelar di Kiev, Ukraina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan