Notifikasi Pembaruan Aplikasi Tak Muncul di Play Store, Google: Bukan Bug

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Beberapa waktu terakhir, sejumlah pengguna Android mengeluh tidak menerima notifikasi saat ada pembaruan aplikasi di Play Store. Karenanya, mereka harus mengeceknya sendiri untuk mengetahui apabila ada pembaruan.

Keluhan ini, menurut sejumlah pengguna, ditemukan setelah versi Play Store 17.4 rilis. Awalnya, banyak pengguna yang merasa absennya notifikasi ini karena bug, tapi Google membantah.

Muat Lebih

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (16/1/2020), juru bicara Google mengatakan absennya notifikasi di Play Store ketika ada aplikasi yang mendapat pembaruan memang sengaja dilakukan.

Menurut juru bicara perusahaan, perubahan itu dilakukan oleh para insinyur di perusahaan. Meski tidak diungkap alasan pasti, ada kemungkinan Google ingin mengurangi notifikasi spam dari Play Store.

Kendati demikian, cara ini jelas cukup mengganggu pengguna Android. Sebab, pengguna harus rajin mengecek ke Play Store agar mengetahui apakah ada pembaruan untuk aplikasi di perangkatnya.

Mengingat belum ada keterangan lebih lanjut dari Google, saat ini belum dapat dipastikan juga apakah perubahan ini akan dilanjutkan atau hanya sementara.

Google Perbarui Antarmuka Play Store, Begini Penampilannya

Tampilan UI Google Play Store berubah menjadi lebih minimalis dan tampak premium. (Dailymail.co.id/ Yuslianson)
Tampilan UI Google Play Store berubah menjadi lebih minimalis dan tampak premium. (Dailymail.co.id/ Yuslianson)

Tahun lalu, Google sendiri secara resmi memperkenalkan tampilan baru Play Store.

Antarmuka (user interface, UI) Play Store kini tampak lebih bersih dan terkesan premium, berdasarkan pada Material Design yang diungkap perusahaan saat Google I/O tahun lalu.

Perubahan pertama yang kami temukan adalah warna hijau action bar dihilangkan, kini semua UI Play Store didominasi warna putih.

Tak hanya itu, tombol masing-masing menu–Games, Apps, Movies, dan Books–pun dipindah lokasinya ke bagian bawah aplikasi.

Jika diperhatikan, kamu kini tak lagi menemukan tombol tab Music.

Google juga melakukan pembaruan desain ikon aplikasi sehingga tampak lebih besar, khususnya untuk tombol instal.

Selain perubahan UI, Google tidak menambahkan sejumlah fitur baru ke dalam Play Store.

(Dam/Why)

Pos terkait