Cara Membatalkan Pengiriman Pesan yang Salah di Email

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Berkirim pesan menjadi salah satu cara komunikasi untuk menyampaikan informasi ke banyak pihak. Salah satu fasilitas berkirim pesan yang biasa digunakan adalah berkirim email. Berkirim pesan teks dengan email umumnya dilakukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Aplikasi berkirim email yang paling populer adalah Gmail. Tak dipungkiri, selama berkirim pesan teks kamu pernah salah mengirimnya. Kesalahan seperti salah alamat email atau masih ada isi email yang belum lengkap kerap terjadi.

Muat Lebih

Kondisi seperti ini sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, kondisi tersebut dapat berakibat fatal mengingat pentingnya isi email yang kamu kirimkan.

Beruntung, Gmail memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menghapus email. Berikut cara membatalkan pengiriman pesan yang salah di Gmail yang telah Dailymail.co.id rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/1/2020).

Cara Membatalkan Email di Gmail

Ilustrasi Gmail. Foto: mashable.com
Ilustrasi Gmail. Foto: mashable.com

Gmail menghadirkan sebuah fungsi yang memungkinkan penggunan untuk ‘Unsent’ alias membatalkan pengiriman email beberapa detik setelah tombol ‘Send’ kamu klik. Cara mengaktifkan cara membatalkan pengiriman pesan di email ini cukup mudah.

Pertama, buka menu Setting atau Setelan pada kaun Gmail kamu. Menu ini ditandai dengan ikon gir, yakni tepat berada di bawah foto akun Gmail kamu. Klik menu Setting tersebut, kemudian kamu bisa mengaktifkan pilihan Undo Sent atau Urung Kirim dengan memberikan tanda centang.

Kemudian, kamu bisa mengatur pilihan waktu pembatalan. Mulai dari 5, 10, 20, atau 30 detik. Selanjutnya jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Setelah setelan ini aktif, setiap kamu mengirim pesan di email, kamu akan melihat pop-up pemberitahuan dengan opsi Urung/Undo.

Apabila kamu urung membatalkan pengiriman pesan, kamu bisa memilih Undo/Urung. Namun, perlu diketahui bahwa, pilihan ini hanya berfungsi sesuai waktu yang kamu pilih sebelum pesan benar-benar terkirim ke orang yang dituju.

Cara Membatalkan Email di Outlook

Email / Sumber: iStockphoto
Email / Sumber: iStockphoto

Cara membatalkan pengiriman pesan di email selanjutnya dengan menggunakan Outlook. Di Outlook, pengaturan untuk membatalkan pengiriman pesan sedikit berbeda dengan Gmail.

Outlook tidak mengandalkan waktu untuk membatalkan pengiriman email. Selain itu, tidak ada jaminan apakah penerima pesan sudah membuka email tersebut atau tidak. Bisa jadi, pembatalan hanya terjadi di setelan akun email pengirim saja, tetapi email sudah sampai di penerima.

Walaupun begitu, tak ada salahnya untuk mengetahui cara membatalkan pengiriman pesan yang salah di email lewat Outlook ini. Caranya, kamu hanya perlu membuka folder email terkirim ‘Sent’. Selanjutnya, kamu bisa klik dua kali pada pesan yang ingin kamu batalkan pengirimannya. Kemudian, pilih tombol ‘Actions’ di bagian atas pesan, lalu kamu bisa memilih ‘Recall this message’.

Kamu akan diberi dua pilihan, satu untuk menghapus email yang dibatalkan, satu lagi untuk menghapus pesan yang dibatalkan lalu menggantinya dengan sebuah email baru.

Cara Membatalkan Email di Gmail Lewat Android

(Doc: jalantikus.com)
(Doc: jalantikus.com)

Cara membatalkan email di Gmail juga bisa dilkaukan lewat perangkat handphone atau ponsel. Secara default, metode swipe diatur agar kamu dapat mengarsipkan email di aplikasi Gmail.

Untuk mengubahnya, kamu bisa membuka aplikasi Gmail dan pilih menu (sudut kiri atas). Setelah itu, pilih menu Settings dan pilih General Settings. Pilih opsi Gmail default action dan pilih Delete. Dengan begitu, setiap kamu swipe email ke kiri atau ke kanan akan dihapus, bukan diarsipkan.

Cara Membatalkan Email di Gmail Lewat iOS

(Sumber: iStockphoto)
(Sumber: iStockphoto)

Begitu juga untuk kamu pengguna perangkat handphone iOS. Buka aplikasi Gmail dan tap ikon menu di pojok kiri atas, lalu pilih Settings dan pilih alamat email yang kamu gunakan.

Setelah itu, tap When removing messages, I prefer to… dan pilih Move to trash untuk mengubah aksi swipe dari archive menjadi delete.

Pos terkait