4 Fakta Gedson Fernandes, Calon Rekrutan Pertama Mourinho di Tottenham

  • Whatsapp

London – Gelandang Benfica, Gedson Fernandes, jadi bidikan utama manajer anyar Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Manchester Evening News melaporkan Fernandes telah tiba di London untuk menjalani tes medis.

Jose Mourinho mulai unjuk kebolehannya di Tottenham Hotspur, kali ini perihal transfer pemain. Mirip dengan strategi yang diusung pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, Mourinho juga mulai tertarik mendatangkan pemain muda pada bursa transfer musim dingin Januari 2020.

Muat Lebih

Kali ini, gelandang box to box Benfica, Gedson Fernandes, menjadi bidikan terdepan Mourinho. Nantinya, pemain berusia 21 tahun tersebut berstatus pinjaman selama 18 bulan di Tottenham Hotspur.

Meski demikian, The Lilywhites punya opsi untuk mempermanenkan Gedson Fernandes pada musim panas 2021 senilai 56 juta pounds atau sekitar Rp994 miliar.

Keputusan Jose Mourinho mendatangakan Gedson Fernandes itu bukan tanpa alasan. Saat ini, pelatih asal Portugal itu tengah dibuat pusing dengan cedera Harry Kane dan Moussa Sissoko.

Gedson Fernandes menjadi sosok potensial yang bisa menambal lubang yang ditinggal Sissoko. Pertanyaan baru pun muncul. Siapa sebenarnya Gedson Fernandes?

Mengapa pemain berusia 21 tahun itu sempat diperebutkan Tottenham Hotspur dan dua klub besar Inggris yakni Manchester United dan Chelsea? Dailymail.co.id telah menghimpun empat fakta tentang Gedson Fernandes yang perlu Anda tahu.

1. Pemain yang Fleksibel

Gedson merupakan gelandang serang yang bisa bermain di posisi sayap kanan. Ia juga cukup baik dalam peran sentral. Fleksibilitas Gedson Hernandes tersebut diyakini cukup menguntungkan Tottenham Hotspur.

Saat ini, Jose Mourinho dalam misi memperkuat lini belakang. Gedson Hernandes disebut jadi opsi yang paling potensial untuk lini belakang Spurs. Selain itu, ia juga bisa menjadi pelapis Japhet Tanganga.

2. Tottenham Hotspur Klub Pertama di Luar Portugal

Tottenham Hotspur bakal jadi klub luar Portugal pertama bagi Gedson Fernandes. Melansir dari Transfermakt, Gedson Fernandes baru merumput bersama satu klub sepanjang kariernya.

Klub tersebut adalah Benfica, yang telah diperkuat Fernandes sejak Juli 2012. Saat itu, ia merumput bersama tim junior Benfica. Baru pada 2018, pemain berpaspor Portugal itu dipercaya bermain di klub senior.

3. Klausul Kontrak Setinggi Langit

Kontrak Gedson Fernandes di Benfica mencapai 102 juta pounds atau sekitar Rp1,8 trilun. Angka tersebut menjadi klausa terbesar kedua dalam sejarah sepak bola Portugal.

Klausul Gedson Fernandes itu hanya kalah dari nilai Joao Felix kala diboyong Atletico Madrid. Saat itu, Los Rojiblancos mengelontorkan Rp2 triliun untuk memboyong Joao Felix.

4. Kiprah Bersama Timnas

Gedson Fernandes bukan nama baru di kancah internasional. Ia pernah mencuri perhatian kala merumut bersama Timnas Portugal U-17 pada 2016.

Gedson Fernandes mecetak satu gol ke gawang Spanyol dan membuat Portugal kampiun di kompetisi European Championship. Itu berarti, Gedson Fernandes turut berkontribusi dengan gelar Euro kedua Portugal di level tersebut.

Pos terkait