Mudah Lelah? Perhatikan 5 Tips di Bawah Ini

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Wajar sekali jika Anda merasa lelah setelah melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, mengurus anak, bahkan melakukan keduanya. Pastinya Anda tak ingin rasa lelah terus mengintai yang akhirnya menjadi akar dari berbagai penyakit.

Pada kenyataannya, rasa lelah yang berlebihan merupakan gejala umum dari beberapa penyakit. Oleh karena itu, Anda harus mendapatkan stamina agar dapat menjalani aktivitas kembali dengan memperhatikan tips di bawah ini:

Muat Lebih

1. Menemui Dokter

Kelelahan merupakan gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, radang sendi, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea. Selain itu, terdapat beberapa obat yang dapat menyebabkan kelelahan, termasuk obat tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan obat lainnya. Anda dapat menemui tenaga medis jika merasakan lelah yang luar biasa. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari WebMD.

2. Berolahraga

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan energi Anda. “Latihan secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan,” kata profesor kedokteran dan direktur fisiologi latihan klinis serta penelitian di Johns Hopkins University School of Medicine, Amerika Serikat, Kerry J. Stewart.

“Olahraga dapat meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot Anda,” kata Stewart. “Itu setara dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Dengan berolahraga dapat memberi Anda lebih banyak energi untuk segala jenis kegitatan,” lanjutnya.

3. Melakukan Yoga

Ilustrasi Yoga (iStockphoto)
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Mungkin yoga sangat efektif untuk meningkatkan energi Anda. Terdapat studi di Inggris mengatakan bahwa yoga dapat meningkatkan energi, kepercayaan diri, dan pikiran menjadi jernih.

4. Banyak Minum Air

Dehidrasi dapat menghabiskan energi dan merusak kinerja fisik. “Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mempersulit altet untuk menyelesaikan latihan angkat berat,” kata asisten profesor kinesiologi di California State University di Fullerton, Amerika Serikat, Dan Judelson, PhD.

Judelson juga mengatakan bahwa dehidrasi menyebabkan kelelahan bahwa untuk orang-orng yang hanya melakukan pekerjaan rumah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa minum cukup air dengan memperhatikan warna dari air seni sendiri. “Air seni harus berwarna kuning pucat atau berwarna jerami. Jika lebih gelap dari itu, Anda perlu minum air,” jelas Judelson.

5. Tidur Lebih Awal

Ingin mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik? Jangan lagi menunda alarm, mengapa? (iStockphoto)
Ingin mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang baik? Jangan lagi menunda alarm, mengapa? (iStockphoto)

Seperti yang dilansir dari Healthy Families BC, penyebab umum kelelahan adalah kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk. Orang dewasa membutuhkan sekitar 8 jam per malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, orang dewasa harus membatasi kafein yang dapat menyebabkan insomnia.

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Saksikan juga video menarik berikut:

Pos terkait