Jokowi Minta MUI Bantu Kawal Program Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut mengawal program vaksinasi Covid-19. Adapun Jokowi merencanakan program vaksinasi dapat terlaksana pada awal 2021.

"Saya mohon MUI juga dapat membantu mengawal program vaksinasi yang akan segera kita lakukan sebagai jalan keluar untuk mengatasi pandemi, agar kesehatan masyarakat cepat pulih dan ekonomi bangkit kembali," ujar Jokowi saat memberi sambutan di Musyawarah Nasional X MUI secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Menurut dia, pemerintah terus mengerahkan semua sumber daya manusia untuk mengatasi dampak Covid-19 baik dari sektor kesehatan maupun ekonomi dengan seimbang. Sehingga, masyarakat dapat aman dari Covid-19, namun tetap produktif bekerja.

Jokowi menilai, selama ini MUI selalu melakukan langkah responsif untuk mencegah penyebaran virus corona. Mulai dari, menyusun sejumlah fatwa dan panduan beribadah hingga memastikan keamanan serta kemudahan umat saat beribadah.

"Fatwa-fatwa yang sangat konteksual, senapas dengan prinsip-prinsip kemaslahatan," kata Jokowi.

Peran Penting MUI

Jokowi Minta MUI Bantu Kawal Program Vaksinasi Covid-19
Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta (Dailymail.co.id/Yoppy Renato)

Selain itu, dia menyebut MUI sangat konsisten menyuarakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, termasuk kegiatan beribadah dan berdakwah. Jokowi menuturkan keterlibatan MUI sangat membantu tugas berat pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Keterlibatan aktif MUI untuk mengajak umat disiplin menjalankan protokol kesehatan akan menjadi teladan yang baik," ucap dia.

"Dengan keteladanan para ulama, para habaib dan tokoh agama, tokoh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, Insya Allah tugas berat pemerintah akan menjadi ringan," sambung Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan