Wirausahawan adalah Orang yang Melakukan Aktivitas Usaha, Berikut Penjelasan Lengkapnya

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha. Salah satu ciri wirausahawan adalah pandai atau berbakat untuk mengenali produk baru, mampu menentukan cara produksi yang baru, menyusun manajemen operasional untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk tersebut, hingga mengatur modal untuk operasionalnya.

Dengan kata lain, wirausahawan adalah seseorang yang selalu memiliki ide dan gagasan bagus dalam membuat sebuah produk. Menjadi wirausahawan adalah sesuatu yang menantang, karena profesi ini selalu dikaitkan dengan risiko besar yang bisa memberi kerugian tidak sedikit.

Namun, untuk membahas lebih jauh mengenai wirausahawan, berikut ini Dailymail.co.id telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020).

Wirausahawan Menurut Ahli

Ilustrasi toko buku. (dok. mohamed_hassan/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi toko buku. (dok. mohamed_hassan/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Pengertian dari wirausahawan sendiri sangat beraneka ragam. Ada beberapa pengertian wirausahawan menurut para ahli, antara lain:

Raymond

Wirausahawan adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Kasmir

Wirausahawan adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

Richard Cantillon

Sedangkan menurut Richard Cantillon wirausahawan adalah seseorang dengan kemampuan untuk memindahkan atau mengkonversikan sumber daya ekonomis pada tingkat produktivitas yang rendah ke produktivitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Geoffrey G. Meredith (1995)

Menurut Geoffrey G. Meredith wirausahawan adalah orang dengan kemampuan untuk melihat dan menilai semua kesempatan yang datang dalam dunia bisnis dan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan agar mendapatkan keuntungan. Seorang wirausahawan juga harus mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan kesuksesan di masa mendatang.

Kathleen

Menjelaskan bahwa wirausahawan adalah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

Stein dan John F. Burgess (1993:35)

Menurut Stein dan John F. Burgess wirausahawan adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

J.B Say (1803)

Say mengungkapkan bahwa seorang wirausahawan adalah pengusaha yang memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien, serta meningkatkan tingkat produktivitas para pekerjanya dari yang mulanya rendah menjadi tinggi.

Ciri-ciri Wirausahawan

Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com

Mungkin untuk menjadi seorang wirausahawan mudah dilakukan oleh tiap orang. Tapi, sebenarnya terdapat beberapa ciri tersendiri untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik. Ciri wirausahawan yang baik yaitu:

1. Selalu berpikir positif

Sebagai wirausahawan hendaknya memiliki cara piker yang positif, terutama dalam melakukan sebuah tindakan atau langkah yang akan dilakukan. Dengan selalu berpikir positif, maka wirausahawan akan memiliki rasa optimis agar mampu berkembang dan maju. Pola pikir inilah yang bisa mengusir rasa takut karena gagal yang biasanya sering menghantui seorang wirausahawan untuk menjalankan usahanya.

2. Memiliki rasa percaya diri

Rasa percaya diri yang dimiliki wirausahawan adalah modal untuk mencapai kesuksesan. Sikap percaya diri akan membuat seorang wirausahawan lebih yakin dengan pekerjaannya sehingga seorang wirausahawan bisa menikmati serta menghadapi pekerjaan dengan tenang.

3. Berani hadapi risiko

Berbagai risiko yang ada di depan kelak, harus dihadapi wirausahawan. Sebab akan banyak sekali risiko kerugian, kegagalan, penipuan, serta resiko lainnya yang bisa menghambat kemajuan suatu usaha. Risiko tersebut hendaknya dihadapi dengan tenang dan jangan sampai gegabah ambil keputusan. Yang perlu diingat, bahwa semakin tinggi risiko yang dihadapi maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

4. Memiliki jiwa pemimpin

Wirausahawan tentu akan jadi pemimpin dalam perusahaannya. Pemimpin hendaknya berjiwa ksatria, adil, bertanggung jawab, cerdas serta memiliki sikap terpuji lainnya. Dengan begitu, pekerja di perusahaan tidak mengeluh, betah bekerja, hingga kinerjanya dapat meningkat.

5. Orientasi ke depan

Wirausahawan adalah suatu profesi yang memiliki orientasi masa depan dan perlu perencanaan yang baik untuk membangun usaha. Maka tidak heran, apabila seorang pengusaha perlu memiliki kehidupan wawasan yang luas untuk menghadapi rintangan di masa yang akan datang

6. Memiliki orientasi pada hasil

Tidak hanya terfokus terhadap masa depan, seorang wirausahawan perlu memiliki orientasi terhadap hasil yang bisa didapatkan. Dengan memiliki orientasi pada hasil, setiap wirausahawan daapt melakukan pekerjaan yang baik untuk membangun usahanya. Setiap wirausahawan juga harus dapat mengatasi beragam rintangan dari dalam diri sendiri, seperti malas dan mudah menyerah.

Kelebihan dan Kekurangan jadi Wirausahawan

Ilustrasi Menulis Buku Diary Credit: pexels.com/Kaboompics
Ilustrasi Menulis Buku Diary Credit: pexels.com/Kaboompics

Kelebihan wirausahawan:

– Punya kesempatan untuk mewujudkan cita-cita.

– Memiliki peluang untuk menciptakan sebuah perubahan.

– Ada kesempatan mencapai potensi diri.

– Bisa berkontribusi pada masyarakat.

– Bisa melakukan hal apapun yang diinginkan.

– Punya peluang mendapat keuntungan yang besar.

Kekurangan wirausahawan:

– Pendapatan yang tidak pasti dan tidak bisa memberi jaminan akan mencukupi kebutuhan bertahan hidup.

– Risiko kehilangan investasi dengan tingkat kegagalan bisnis kecil relatif tinggi.

– Jam kerja bisa kapan saja, tidak seperti pegawai kantoran.

– Tanggung jawab sangat kompleks.

– Tingkat stres sangat tinggi.

– Harus mampu menentukan kebijakan dengan cepat.

Contoh-Contoh Wirausaha

Wirausahawan adalah Orang yang Melakukan Aktivitas Usaha, Berikut Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi jualan online | Pexels

Kuliner

Kuliner punya daya tarik tersendiri bagi para calon pengusaha. Kuliner menjadi peluang bisnis yang apabila ditekuni hasilnya sangat menggiurkan.

Fashion

Tidak kalah populer dengan usaha kuliner, fashion juga jadi salah satu contoh wirausaha yang menggiurkan. Mengingat, kebutuhan akan pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok selain makanan.

Kerajinan tangan

Jika memiliki bakat menciptakan sebuah benda menjadi unik dan menarik, maka tidak ada salahnya mencoba usaha kerajinan tangan. Beberapa contohnya seperti bisnis hadiah wisuda salah satunya buket bunga, maupun kerajinan lain seperti pembuatan perabotan kustom dan lain sebagainya.

Bisnis gadget

Gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini. Perkembangan teknologi yang terus melejit membuat bisnis gadget jadi peluang bisnis dengan untung yang menggiurkan. Selain menjual gadget, bisa juga menyediakan aksesoris pelengkap gadget tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan