Jangan Sampai Salah Bersihkan Lidah hingga Pusar, Begini Cara Tepatnya

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta- Ada banyak kotoran yang ada di tubuh. Sekitar 2.368 spesies bakteri konon diketahui hidup di pusar saja, mungkin lebih, namun kebersihannya sering diabaikan.

Menggunakan kapas untuk membersihkan kotoran telinga sebenarnya berbahaya dan tidak perlu. Ternyata, selama ini kita telah membersihkan bagian tubuh dengan cara yang salah dan melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Berikut ini dirangkum dari Bright Side, Rabu (25/11/2020), ditemukan sejumlah metode untuk membersihkan bagian tubuh kotor dengan cara yang benar:

1. Pusar

ilustrasi olahraga/Photo by Gesina Kunkel on Unsplash
ilustrasi olahraga/Photo by Gesina Kunkel on Unsplash

Sebagian besar dari kita umumnya mengabaikan kebersihan pusar atau membersihkannya dengan cara yang salah.

Pusar Anda seharusnya dibersihkan seminggu sekali dan dengan cara tertentu. Celupkan kapas ke dalam alkohol, gosok dan gunakan untuk membersihkan bagian dalamnya.

Ulangi sampai kapas keluar bersih. Tindak lanjuti dengan kapas segar untuk menghilangkan sisa alkohol. Hindari penggunaan body lotion.

2. Telinga

ilustrasi cuping telinga/Photo by Jessica Flavia on Unsplash
ilustrasi cuping telinga/Photo by Jessica Flavia on Unsplash

Tidak perlu dikatakan lagi, menggunakan kuku atau benda tajam lainnya untuk membersihkan kotoran telinga adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Sebagai gantinya, oleskan beberapa tetes baby oil atau gliserin untuk melembutkan lilin. Setelah 1-2 hari, tuangkan air hangat dengan lembut menggunakan pipet atau spuit karet. Putar kepala Anda ke sisi lain untuk mengeluarkan air.

Seka dengan handuk dan ulangi prosesnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan kapas untuk membersihkan bagian luar telinga.

3. Lidah

Ilustrasi menjulurkan lidah. (dok. unsplash/Novi Thedora)
Ilustrasi menjulurkan lidah. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Menurut para ahli, mengikis lidah adalah cara paling efektif untuk membersihkannya. Lidah Anda perlu dibersihkan sesering gigi Anda.

Tempatkan pengikis di belakang lidah Anda dan perlahan-lahan tarik ke depan dengan sedikit tekanan.

4. Siku

Ilustrasi Jam Tangan | Unsplash.com
Ilustrasi Jam Tangan | Unsplash.com

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang menggelapkan siku Anda, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu.

Anda dapat menggunakan scrub buatan sendiri atau membelinya dari toko, tetapi kuncinya di sini adalah menggosok dengan gerakan memutar, lembut. Terlalu banyak tekanan hanya akan memperburuk keadaan.

5. Kulit kepala

Jangan Sampai Salah Bersihkan Lidah hingga Pusar, Begini Cara Tepatnya
ilustrasi perawatan kulit kepala | unsplash.com/@ataheri

Penumpukan kotoran di kulit kepala bisa disebabkan oleh sel-sel mati atau bahkan penggunaan produk rambut yang berlebihan.

Untuk membersihkannya, bilas rambut Anda sepenuhnya sebelum menggunakan sampo. Kemudian, campurkan air dengan sampo Anda dan oleskan ke area kulit kepala. Jika Anda menggunakan kondisioner, letakkan di ujung rambut saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan