10 Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Ada banyak referensi tempat wisata di Gianyar. Gianyar merupakan sebuah kabupaten di Bali yang dikenal sebagai pusat kesenian Pulau Dewata. Gianyar menyimpan banyak pelukis, penari, pematung, dan seniman lainnya yang menjadikan kawasan Gianyar selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tak heran kalau ada banyak tempat wisata di Gianyar yang sudah sangat terkenal. Beberapa contoh di antaranya seperti area Sukawati, Tampaksiring, Tegallalang, atau Ubud. Di setiap kawasan wisata ini memiliki daya tariknya masing-masing.

Muat Lebih

Di tempat wisata di Gianyar tersebut kamu bisa menemui pasar seni, pura, museum, hingga pemandangan alam subak yang sangat asri. Selain itu, di kawasan Gianyar kamu juga dapat melihat pertunjukan tarian tradisional yang sakral seperti Tari Barong atau Keris.

Walaupun sangat kental dengan budaya, kabupaten ini ternyata salah satu dari tiga kawasan termewah di Bali (setelah Badung dan Denpasar). Buat kamu yang ingin menemukan suasana liburan berbeda di Bali, kamu wajib mengunjungi Kabupaten Gianyar ini.

Berikut ada beberapa tempat wisata di Gianyar terkenal yang telah Dailymail.co.id rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/1/2020).

Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal

Terasering Ubud
Terasering Ubud

Desa Wisata Ubud

Tempat wisata di Gianyar terkenal pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Desa Wisata Ubud. Kawasan Ubud merupakan pusat seni dan budaya di Bali. Ada banyak sekali seniman berbakat dari sini.

Di Desa Wisata Ubud ini kamu juga akan disuguhkan pesona alam yang sangat indah. Hamparan sawah dan hutan sangat asri bisa kamu temui di sini. Desa Wisata Ubud merupakan tempat wisata di Gianyar yang lengkap, perpaduan alam dan penampilan seni bisa kamu nikmati sekaligus.

Taman Nusa

Tempat wisata di Gianyar yang terkenal selanjutnya adalah Taman Nusa. Tempat wisata ini merupakan sebuah taman yang memiliki konsep wisata tentang budaya yang ada di Indonesia.

Kamu dapat menemukan beragam informasi mengenai kebudayaan dan suku dari Sabang hingga Merauke. Tata ruang di Taman Nusa berlatar belakangkan alam dan pegunungan.

Taman Nusa cocok sekali dikunjungi bareng keluarga, karena memiliki informas yang sangat atraktif sehingga anak-anak pun mudah memahami informasi yang dijelaskan.

Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal

Campuhan Ridge Walk, Ubud, Bali. (AsiaWebDirect)
Campuhan Ridge Walk, Ubud, Bali. (AsiaWebDirect)

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan merupakan tempat wisata di Gianyar yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Berkunjung ke sini, kamu akan menikmati kesegaran dan pemandangan yang masih sangat asri.

Lingkungan di sekitar tempat ini juga terasa sangat romantis, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bareng pasangan. Untuk bisa sampai ke sini, kamu dapat berangkat dari gerbang masuk Ibah Villas & Suits.

Dari gerbang tersebut kamu hanya perlu jalan lurus mengarah ke Pura Gunung Lebah. Sesampainya di area tersebut, kamu cukup berbelok ke arah kanan untuk sampai ke titik start trek bukit Campuhan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari. Di waktu tersebut kamu akan merasakan udara di sekitar bukit yang masih sangat sejuk.

Bali Bird & Reptile Park

Buat kamu dan keluarga yang suka dengan burung dan reptil, kamu bisa mengunjungi Bali Bird & Reptile Park. Di sini kamu akan menemukan sekitar 1.000 ekor unggas dan 250 spesies reptil.

Selain menyaksikan beraneka ragam burung dan reptil, ada juga edukasi tentang pengetahuan seputar perkembangbiakan. Kamu juga bisa lebih dekat dengan burung-burung cantik yang eksotis.

Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal: Bali Zoo

Sarapan bersama orang utan. (Foto: Dok. Bali Zoo)
Sarapan bersama orang utan. (Foto: Dok. Bali Zoo)

Bali Zoo

Tempat wisata di Gianyar yang terkenal selanjutnya adalah Bali Zoo. Di sini kamu dan keluarga dapat bermain dengan binatang. Kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas lain yang sudah disediakan, seperti Miniapolis Jungle Waterplay.

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park sangat cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan sambil menambah pengetahuan. Ada cukup banyak binatang yang ada di sini.

Di sini kamu akan bertemu dengan binatang dari penjuru dunia. Ada sekitar 80 spesies dan 400 ekor binatang yang terdiri dari tiga negara seperti Indonesia, India, dan Afrika.

Untuk melihat-lihat semua binatang, kamu dapat menikmati fasilitas berupa Safari journey dengan menaiki kendaraan tram yang sudah disediakan. Selain bertemu dengan aneka binatang, di sini kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang telah disiapkan seperti Waterpark dan Fun Zone.

Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal: Air Terjun

Arung jeram di Sungai Ayung, Bali. (actiontourbali.com)
Arung jeram di Sungai Ayung, Bali. (actiontourbali.com)

Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo merupakan tempat wisata di Gianyar yang bisa kamu kunjungi. Air terjun ini masih sangat terjaga kealamiannya. Kondisi ini membuat suasana di sekitar air terjun masih sangat asri dan sejuk. Airnya yang bersih dengan bentuk air terjun yang unik menjadikan daya tarik tersendiri.

Arung Jeram di Sungai Ayung

Apabila kamu ingin liburan sambil memacu adrenalin, Arung Jeram di Sungai Ayung adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mencoba sensasi Sungai Ayung dengan menggunakan perahu karet.

Ketika mengikuti rekreasi rafting di Sungai Ayung, kamu bisa menemukan relief Ramayana di dinding tebing, seniman-seniman lokal menciptakan hasil karya seni bisa kamu nikmati sembari ikut wisata di arung jeram ini.

Tempat Wisata di Gianyar yang Terkenal: Sekar Bumi Farm dan Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati yang banyak menjajakan kain bermotif Bali. (dok. Instagram @novidermawan/https://www.instagram.com/p/BrJ9FkBgjoW/Esther Novita Inochi)
Pasar Seni Sukawati yang banyak menjajakan kain bermotif Bali. (dok. Instagram @novidermawan/https://www.instagram.com/p/BrJ9FkBgjoW/Esther Novita Inochi)

Sekar Bumi Farm

Sekar Bumi Farm merupakan mascot agrowisata di Gianyar. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari outbond, berkemah, jungle, dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan daerah Payangan ini memiliki potensi alam yang sangat baik. Maka dari itu, tumbuhan yang ditanam selalu tumbuh dengan baik di sini.

Tempat wisata di Gianyar ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat. Pemandangan dan udara sejuk sangat mendukung kamu untuk refreshing dan menikmati liburan bersama teman dan keluarga.

Pasar Seni Sukawati

Ketika berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja buah tangan atau oleh-oleh khas daerah tersebut. Untuk membeli oleh-oleh di Gianyar, kamu bisa mengunjungi Pasar Seni Sukawati. Di sini kamu dapat belanja aneka kerajinan khas Bali, camilan, hingga baju-baju.

Pos terkait