Giat Promosi Kerja Sama RI-Vietnam, Dubes Ibnu Hadi Terima Penghargaan Persahabatan

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Hanoi – Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam, Ibnu Hadi, menerima penghargaan Medal for Peace and Friendship Among Nations dari Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Vietnam Union of Friendship Organization, Duta Besar Nguyen Phuong Nga, di kantor VUFO di Hanoi, Selasa sore 24 November 2020.

Dubes Nguyen Phuong Nga menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan atas kontribusi aktif dan tak kenal lelah Dubes Ibnu Hadi untuk mempromosikan kerja sama antara Vietnam dan Indonesia, termasuk dalam membangun dan membina hubungan persahabatan antara masyarakat di kedua negara.

"Saya terkesan dengan berbagai kegiatan di berbagai bidang yang dilaksanakan oleh Dubes Ibnu Hadi dan KBRI Hanoi untuk mempromosikan persahabatan antar kedua bangsa," ujar Dubes Nguyen Phuong Nga dalam sambutan pembukanya seperti tertuang dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (25/11/2020).

"Dubes Ibnu Hadi termasuk salah satu Duta Besar yang paling aktif di Vietnam yang menyelenggarakan berbagai kegiatan diplomasi serta ikut serta dalam banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh VUFO maupun pihak lain di Vietnam," tambahnya.

Acara penyerahan penghargaan turut disaksikan oleh Ketua Vietnam – Indonesia Friendship a**ociation (VIFA), Nguyen Dang Tien, pejabat Kementerian Luar Negeri Vietnam dan Partai Komunis Vietnam, serta media setempat.

Dalam sambutan penerimaannya, Dubes Ibnu Hadi menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Tahun terakhir penugasannya di Vietnam semakin istimewa karena bertepatan dengan Keketuaan Vietnam di ASEAN 2020 dan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Vietnam (30/12/1955 – 30/12/2020).

Giat Promosikan Kerja Sama Indonesia-Vietnam

Giat Promosi Kerja Sama RI-Vietnam, Dubes Ibnu Hadi Terima Penghargaan Persahabatan
Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi menerima penghargaan Medal for Peace and Friendship among Nations. (Dok: KBRI Hanoi)

Dalam waktu 4,5 tahun terakhir, kata Dubes Ibnu Hadi, perkembangan positif pada kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vietnam baik di bidang politik, perdagangan, investasi, sosial budaya, maupun hubungan antarmasyarakat sangat terasa.

“Meski tahun ini kita tidak dapat mencapai target total perdagangan 10 miliar dolar karena terdampak pandemi, pada sembilan bulan pertama tahun 2020, perdagangan bilateral Indonesia dan Vietnam telah mencapai 5,73 miliar dolar. Saya yakin setelah masa pemulihan ekonomi, kedua negara akan dapat bersama-sama mencapai target tersebut,” tambahnya.

VUFO merupakan organisasi persahabatan yang mendapat mandat dari Komite Pusat Partai Komunis Vietnam dengan misi mengembangkan diplomasi people-to-people serta mempromosikan perdamaian, solidaritas, persahabatan dan kerja sama antarmasyarakat.

Medal for Peace and Friendship among Nations merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh VUFO kepada individu yang berkontribusi secara aktif dalam memperkuat kerja sama dan hubungan bilateral yang baik dengan Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan