Super Mario Bros 3 Jadi Gim Termahal dalam Lelang

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Predikat sebagai kaset gim paling mahal yang pernah terjual ternyata jatuh pada Super Mario Bros 3. Hal ini terjadi saat lelang yang diadakan Auction Heritage beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Rabu (25/11/2020), gim yang rilis pada 1990 ini berhasil terjual USD 156 ribu (Rp 2 miliar). Adapun harga awal gim ini dibuka mulai dari USD 62.500 (Rp 887 juta).

Terjual dengan harga Rp 2 miliar membuat gim ini mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yang dipegang Super Mario Bros. Ketika lelang pada Juli 2020, gim itu berhasil terjual USD 114 ribu (Rp 1,6 miliar).

Menurut Auction Heritage yang mengadakan lelang, gim ini berhasil terjual dengan harga mahal karena sejumlah faktor. Salah satunya adalah gim ini memiliki desain boks yang terbilang langka.

Pada boksnya, tulisan 'Bros' dari Super Mario Bros berada di sisi kiri kotak, membuatnya menutupi tangan kanan Mario yang tampil di sampul. Sementara edisi setelahnya, tulisan itu digeser lebih ke tengah.

Selain itu, dengan kondisi yang masih tersegel ditambah boks orisinal dan masih bagus membuatnya berhasil terjual tinggi. Padahal, gim dengan judul serupa hanya berhasil terjual dengan harga USD 38.400 (Rp 545 juta) pada Juli 2020.

Perbedaan itu tidak lepas dari rating Wata yang dimiliki masing-masing gim. Pada Juli 2020, salinan gim Super Mario Bros 3 ini hanya mendapat rating Wata 9.0 A, sedangkan untuk yang baru saja dijual mempunyai rating Wata 9.2 A Plus.

Sebagai informasi, rating Wata biasanya digunakan untuk menunjukkan kondisi gim lawas yang ditawarkan. Semakin tinggi nilainya, berarti gim tersebut masih dijual dalam kondisi lengkap, seperti ada boks, buku manual, dan kartridnya.

Sementara fungsi huruf dalam rating ini menunjukkan kualitas dari gim yang masih tersegel. Sama seperti penilaian pada umumnya, huruf A menunjukkan kualitas segel yang ada di gim itu masih bagus dan baru seperti pertama kali rilis.

Cetak Sejarah, Kaset Gim Super Mario Bros Jadul Terjual Rp 1,6 Miliar

Super Mario Bros 3 Jadi Gim Termahal dalam Lelang
Gim jadul Super Mario Bros terjual hingga Rp 1,6 miliar, paling mahal dalam sejarah. (Doc: Heritage Auctions)

Sebelumnya, sebuah kaset gim jadul Super Mario Bros yang masih dalam kondisi tersegel baru saja mengukir sejarah dalam industri gim dunia. Kenapa?

Kartrid gim yang pertama kali diluncurkan pada 1985 ini berhasil terjual ke penawar anonim di dalam sebuah acara lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Terjual seharga USD 114,000 atau Rp 1,6 miliar, kartrid Super Mario Bros ini mampu mengalahkan rekor lelang sebelumnya–untuk gim yang sama–seharga USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar pada Februari 2019.

"Permintaan untuk gim ini sangat tinggi, bilamana memang ada yang dijual lag i maka kemungkinan besar banderol harganya akan serupa dengan yang saat ini," ucap Valarie McLeckie, Heritage Auctions Video Games Director, di dalam keterangan resminya, Senin (13/7/2020).

Alasan Gim Ini Terjual dengan Harga Mahal

Lebih lanjut, gim Super Mario Bros kali ini mampu mencetak sejarah disebabkan masih terbungkus di dalam kotak penjualannya.

Tak hanya itu, kartrid ini juga masih tersegel di dalam hangtab (plastik gantung di luar kotak kartrid).

"Gim Super Mario Bros ini masih di dalam plastik yang diproduksi secara terbatas di pasar AS sebelum akhirnya menggunakan plastik yang disusutkan untuk menyegel setiap video game," jelas Heritage Auctions.

Karena masih menggunakan hangtab tersebut, harga kartrid gim Super Mario Bros ini pun dijual dengan harga yang fantasis.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

vidio:Lagu Super Mario Bros Dimainkan Dengan Ketukan Gelas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan