Minim Personel, Begini Strategi Polres Garut Amankan TPS

Nasional

Berita / Nasional 73 Views comments

Liputan6.com, Garut - Polres Garut, Jawa Barat telah mensiasati minimnya personil yang diterjunkan untuk pengamanan Tempat Perhitungan Suara (TPS), dengan sejumlah simulasi. Penempatan personil disesuaikan dengan tingkat kerawanan daerah pencoblosan.

“Strateginya sudah disiapkan,” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, selepas ‘Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Garut, Personil Satgas Operasi Mantap Brata Lodaya 2018 dan PAM TPS BKO Polda Jabar, Senin (15/four/2019).

Dua hari menjelang pencoblosan yang akan dilakukan serentak Rabu (17/four/2019) lusa, lembaganya mulai menempatkan sejumlah anggotanya untuk menyukseskan pemilu 2019 kali ini.  “Ada sekitar 1.200 personil yang kita terjunkan untuk mengawasi eight.056 TPS,” kata dia.

Para petugas yang dibackup anggota Polda Jabar tersebut, rencannya akan disebar di 42 kecamatan serta 33 kepolisian sektor yang tersebar di Garut. “Jangan lengah, jangan pula acuh silahkan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat,” ujar Budi mengingatkan anak buahnya.

Jomplangnya jumlah personil yang diterjunkan ujar Budi, membuat dirinya peras otak agar tetap memberikan rasa aman untuk menyukseskan hajatan demokrasi rakyat, lima tahunan tersebut. “Jangan ada bahasa untuk mengeluh,” kata dia.

Untuk pelaksanaan pengamanan di lapangan, lembaganya menerapkan system ploting yang disesuaikan dengan tingkat kerawanan masyarakat. “Satu anggota bisa membawahi 5 TPS, rata-rata jika dipukul rata komposisinya 1:eight TPS tiap anggota,” papar dia. 

Namun fungsi mereka sedikit terbantu dengan kehadiran sekitar 16 ribu anggota linmas, yang tersebar di seluruh TPS di kabupaten Garut. "Tentu kita pun selalu koordinasi dengan tokoh masyarakat, sama mereka dan semuanya," ujarnya.

Dengan pola itu, Budi optimistis pelaksanaan pencoblosan dan perhitungan suara pemilu di Garut berlangsung lancar. “Ingat kita tidak masuk space TPS,  hanya di ring dua saja di luar TPS,” ujarnya mengingatkan seluruh anak buahnya dalam apel pelepasan tadi.

Comments