Mau Buka Bisnis Fesyen dengan Brand Sendiri? Ini Caranya

Nasional

Berita / Nasional 6 Views comments

Liputan6.com, Jakarta Bisnis fesyen dinilai sangat menjanjikan karena tren fesyen terus menerus berkembang. Tahun ini tren bajunya begini, tahun depan mungkin akan berubah. Beragam merek (brand) baru juga bermunculan seiring makin menggeliatnya dunia mode.

Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, misalnya dengan membuat brand sendiri untuk menyasar suatu goal pasar yang diinginkan. Untung dari bisnis ini pun tidak main-main. Oleh sebab itu, Anda tentunya ingin trend model yang dibangun beda dari yang lain dan bisa bersaing di pasaran.

Untuk itu, jangan lewatkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis fesyen ini. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara membuka bisnis fesyen dengan brand sendiri.

1. Buat Konsep yang Matang

Hal paling mendasar untuk membangun sebuah merek fesyen adalah konsep. Buatlah konsep brand yang berbeda daripada umumnya. Untuk menonjolkan brand yang Anda buat, pikirkan matang-matang konsep yang akan dilempar ke pasaran. Apakah konsep tersebut banyak peminatnya atau tidak? Lakukan survei.

Misalnya, konsep sport style. Maka pikirkan sesuatu yang berbeda pada model Anda dibandingkan fesyen dari merek sport lainnya. Tambahkan sesuatu yang beda pada brand tersebut yang orang lain tidak bisa temukan di merek fesyen lain. (Baca Juga: 4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran)

 

* Replace Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2. Buat Emblem yang Menarik dan Mudah Diingat

(Ilustrasi: Via Shutterstock).

Bila konsep sudah matang, maka tahap selanjutnya adalah membuat emblem untuk merek. Tidak perlu rumit untuk membuat emblem suatu brand. Cukup buat yang simpel namun menarik. Tujuannya, supaya setiap orang yang melihat emblem tersebut langsung ingat brand produk Anda.

Selain itu, emblem yang dibuat haruslah mencerminkan model itu sendiri. Misalnya, merek untuk skate style berbentuk skateboard. Ada dua jenis emblem, yaitu sort emblem dan image emblem. Nah, emblem sort merupakan emblem yang hanya tulisan saja seperti Supreme. Sedangkan emblem symbol merupakan emblem yang bergambar seperti pada Droors Clothing (DC), atau malah gabungan keduanya.

three. Buat Desain Produk dari Brand Menarik

Katakan saja, Anda memilih untuk memproduksi beranekaragam jaket dari merek sendiri. Maka, buatlah desain yang menarik. Perkirakan apakah desain tersebut akan laku di pasaran dan siapa goal pasarnya. Apakah kelas menengah, kelas atas, atau semua kalangan bisa menggunakan jaket ini.

Selain itu, pikirkan juga ongkos produksi untuk desain yang dibuat. Makin rumit desain yang dibuat tentu makin mahal ongkos produksinya. Jika ongkos produksi mahal, tentu harga jual akan mengikuti. Oleh sebab itu, desain untuk produk harus diperhitungkan dengan teliti.

four. Cari Vendor yang Murah dan Bagus

Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

Pebisnis mana yang tidak mau untung? Tentunya semuanya ingin mendulang keuntungan dari bisnis yang dipasarkan. Tapi tidak hanya asal untung, kepuasan pelanggan juga harus diutamakan. Untuk itu, memilih vendor adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Pilihlah vendor terbaik yang bisa memproduksi barang dari brand Anda sebaik mungkin, namun harganya masih terjangkau. Caranya, cari tahu tentang rekam jejak vendor tersebut dari orang yang bekerja sama dengan mereka atau minta sampel terlebih dahulu. Datangi beberapa vendor untuk melakukan perbandingan harga dan kualitas. (Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com)

5. Pasarkan Melalui Web

Perkembangan teknologi membuat informasi meluas dengan cepat. Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan internet sebagai media pemasaran. Dengan begitu, model Anda akan dikenal ke berbagai daerah bahkan hingga luar negeri. Hal mudah yang perlu dilakukan pertama kali ada memasarkan merek lewat media sosial.

Jika sudah memasarkan lewat media sosial dan model mulai berkembang, selanjutnya buatlah web site untuk merek fesyen Anda. Brand yang memiliki web site sendiri akan menambah kepercayaan konsumen. Imbasnya, brand makin dipercaya dan dianggap sebagai merek besar yang tidak asal-asalan atau profesional.

Asal Ada Niat dan Upaya, Semuanya Bisa Terlaksana

Bagi Anda yang ingin membangun model sendiri, tanyakan dahulu pada diri sendiri apakah benar-benar berniat membangun bisnis atau hanya ikut-ikutan saja. Sebelum lebih jauh membangun brand yang diinginkan, mantapkan hati. Sejatinya bisnis akan berkembang menuju kesuksesan jika ada niat yang kuat dan upaya tak pantang menyerah. Persiapkan diri dengan baik, jangan sampai nantinya berhenti di tengah jalan.

Comments