Manchester United Hentikan 17 Kemenangan Beruntun Liverpool di Premier League

  • Whatsapp

Jakarta, – Manchester United berhasil mematahkan catatan kemenangan Liverpool dalam 17 pertandingan Premier League menyusul hasil imbang 1-1 saat kedua tim bentrok di Old Trafford, Minggu (20/10/2019).

Pertandingan ini diwarnai kontroversi video assistant referee (VAR).

Read More

Marcus Rashford mencetak gol Manchester United pada menit ke-36. Liverpool menyamakan kedudukan melalui Adam Lallana, menit ke-85.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, melakukan penyesuaian taktik dengan menurunkan tiga bek tengah, yakni Victor Lindelof, Harry Maguire, dan Marcos Rojo. Kiper David de Gea, yang dilaporkan tidak fit, juga tampil.

Di kubu Liverpool, Mohammed Salah absen akibat cedera. Namun, kiper Alisson Becker kembali beraksi.

Kedua tim kesulitan menciptakan peluang berarti di 15 menit pertama dan hanya bisa mencoba melepas tendangan jarak jauh. Sekali Roberto Firmino lepas dari penjagaan. Namun, tendangannya melambung.

Situasi sama berlanjut di 15 menit berikutnya. Setan merah sesekali mengancam lewat serangan sayap, tetapi masih bisa dipatahkan pertahanan Liverpool. Sedangkan tim tamu merasakan ketiadaan Salah.

Melalui serangan balik, The Reds mengancam lewat Firmino. Hanya, tendangannya terlalu lemah dan mudah diredam De Gea.

Lewat skema serupa, justru Manchester United yang mengubah skor. Rashford meneruskan umpan James dan membawa timnya memimpin. Liverpool protes karena menganggap Lindelof melanggar Divock Origi sebelum terciptanya gol. Namun, VAR tidak menemukan kesalahan dan mengesahkannya.

Tidak lama berselang VAR kembali mengambil keputusan yang merugikan Liverpool. Mereka membatalkan gol Sadio Mane karena dianggap tercipta setelah tangannya menyentuh bola sebelum menaklukkan De Gea. Skor kemudian tidak berubah di sisa waktu.

Babak Kedua

Pemain Liverpool memprotes gol Manchester United (MU) kepada wasit Martin Atkinson pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (20/10/2019). (AFP/Oli Scarff)

Laga kembali berjalan ketat di awal babak kedua. Liverpool lebih banyak menguasai bola, tetapi kesulitan menciptakan peluang berarti. Sedangkan Setan Merah mengincar serangan balik.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, melakukan perubahan dengan memasukkan Alex Oxlade-Chamberlain untuk menggantikan Origi. Sang pemain coba membayar kepercayaan dan melepas tendangan. Namun, usahanya masih melebar.

Tuan rumah kemudian mengancam lewat penetrasi Rashford, yang tendangannya juga melenceng. Begitu pula dua tendangan Fred, yang gagal merepotkan Alisson.

Pertandingan berjalan sengit dan kedua tim tidak mampu mengancam gawang lawan. Ketika skor seakan tidak berubah, umpan silang Andy Robertson menerobos bek Setan Merah, menemui Lallana yang tanpa kesulitan menceploskan bola.

Liverpool kini berada di atas angin. Oxlade-Chamberlain menyaksikan tendangannya melenceng. Meski mengurung pertahanan tuan rumah, The Reds tidak menemukan gol kemenangan.

Setan Merah kini mengoleksi 10 poin dan menempati peringkat 13. Manchester United juga menjaga rekor tidak terkalahkan dalam enam pertandingan kandang terakhir versus The Reds.

Sebaliknya, Liverpool terpeleset untuk pertama kali di Premier League sejak Maret lalu. Bermula keberhasilan menghajar Burnley 4-2, klub Merseyside itu terhenti di 17 kemenangan beruntun.

Mereka gagal menyamai rekor Manchester City, yang membukukan 18 hasil positif pada periode Agustus hingga Desember 2017.

Meski begitu, Liverpool masih memuncaki klasemen sementara lewat koleksi 25 poin. The Reds unggul enam poin atas pesaing terdekat sekaligus juara bertahan Manchester City.

Susunan Pemain

Manchester United (3-4-2-1): De Gea; Lindelof, Maguire, Rojo; Wan-Bissaka, Fred, McTominay, Young; Pereira (Williams 90+4), James; Rashford (Martial 84)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Henderson (Lallana 71), Fabinho, Wijnaldum (Keita 82); Origi (Oxlade-Chamberlain 60), Firmino, Mane

Disadur dari: Dailymail.co.id (Harley Ikhsan/Defri Saefullah, Published 21/10/2019)

Related posts

Leave a Reply