Macam-Macam Doa yang Tidak Akan Ditolak Oleh Allah, Umat Islam Wajib Mengamalkan

Nasional

Berita / Nasional 4 Views comments

3. Doa orang yang teraniaya

Selanjutnya, doa yang tidak akan ditolak oleh Allah adalah doa orang yang teraniaya. Orang teraniaya ini bisa diambil contoh seperti orang yang diperlakukan secara tidak adil baik secara verbal maupun non verbal. Karena itulah, doa orang orang ini tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Sebuah riwayat hadits dari Bukhari dan Muslim mengisahkan tentang Sa'd bin Abi Waqqasah dengan Usamah bin Qatadah. Saat itu, Usamah bin Qatadah menagatakan fitnah bahwa Sa'd bin Abi Waqqasah dikatakan tak pernah menghukum perkara dengan adil. Karena fitnah tersebut, Sa’d berdoa agar Usamah diberikan umur panjang namun dengan kehidupan yang miskin dan serba kekurangan. Lalu saat diatanyakan kabarnya oleh seorang tetangga, Usamah berkata, "Aku adalah seorang tua renta yang tertimpa bencana karena doa Sa'd,"

Dengan kisah tersebut telah menjadi bukti nyata bahwa doa orang yang teraniaya merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Berikut ini hadist yang menerangkan tiga macam doa yang tak pernah ditolak, "Tiga macam doa yang dikabulkan (oleh Allah SWT) dan tidak ada keraguan di dalamnya (yakni dalam hal dikabulkannya doa tersebut); doa orang tua, doa orang yang sedang bepergian dan doa orang yang teraniaya". (HR Ahmad, at Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).

4. Doa Orang yang Berpuasa

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka juga merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Hal ini terjadi karena, puasa terutama puasa Ramadan merupakan sebuah ibadah, dan doa ketika dilakukan bersama dengan ibadah akan senantiasa diakbulkan Allah SWT. Sebagaimana terdapat di salah satu hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu secara marfu’:

“Ada tiga golongan manusia yang do’anya tidak akan ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’anya orang yang dizhalimi, Allah akan mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah berfirman : Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta.” (HR. Tirmidzi dan yang lainnya, hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Dari Hadits di atas, kamu bisa melihat berbagai golongan manusia dengan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Doa pemimpin yang adil dan doa orang yang dizhalimi telah kita lihat bersama-sama contohnya dengan adanya kisah Sa'd bin Abi Waqqasah dan Usamah bin Qatadah.

Mumpung masih dalam bulan puasa Ramadan, banyak-banyaklah kamu berdoa dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan ini, karena doa orang yang berpuasa merupakan salah satu doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Comments