Lakukan 5 Hal Ini untuk Kembalikan Berat Badan Usai Libur Lebaran

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Satu hal yang kerap dikeluhkan individu usai libur Lebaran atau perayaan hari besar lainnya adalah sulit mengontrol berat badan . Berat badan yang meningkat akibat menyantap semua lezat yang dihidangkan saat Lebaran membuat banyak individu kebingungan untuk mengembalikannya ke ukuran semula.

Meski lebaran telah berlalu, tak jarang ada individu yang malah semakin jauh dari harapan kembali memiliki berat badan ideal. Mungkinkah kembali ke berat badan normal? Tentu bisa, berikut beberapa tips untuk mengembalikan berat badan pasca Lebaran, seperti dikutip dari TunaiKita. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Muat Lebih

Tips Kembalikan Berat Badan Setelah Lebaran

1. Perhatikan Jenis Makanan yang Dimakan

Tips menurunkan berat badan setelah Lebaran yang pertama yaitu Anda harus memperhatikan jenis makanan yang dimakan. Untuk mengembalikan berat badan tentu membutuhkan proporsi makanan yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak.

Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 45 persen, 15 persen lauk pauk, dan sisanya dilengkapi dengan buah dan sayur. Nah, selain itu hindari makanan manis setelah makan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Anjuran makan sebelum lapar memang sangat baik bagi tubuh, hal ini dikarenakan jika membiarkan tubuh merasa lapar dan terus-menerus menunda makan dapat menyebabkan beberapa penyakit salah satunya, seperti maag.

Apabila makan hingga kekenyangan, dapat memicu melonjaknya kadar gula darah yang menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak sehingga mengakibatkan obesitas.

2 dari 3 halaman

2. Wajib Jaga Pola Makan

[Bintang] Ilustrasi Diet
Menuju lebaran, jangan sampai berat badan malah jadi lebaran. ini 5 hal yang wajib dijalani saat diet! (Sumber Foto: UrbanWired)

Saat puasa tentu pola makan kita sangat teratur, makan hanya pada saat sahur dan berbuka puasa. Dengan pola makan yang teratur tentunya nafsu makan jadi lebih terkontrol.

Oleh karena itu, walau sudah tidak berpuasa Anda tetap harus menjaga pola makan. Selain itu, usahakan jangan tidur setelah makan ya, agar organ pencernaan kamu bekerja dengan baik.

Anda juga harus hindari makan malam diatas jam 20.00 agar tidak terjadi penimbunan lemak. Dengan tetap menjaga pola makan yang teratur dapat berdampak pada penurunan berat badan.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya menjadi hal terpenting untuk mengembalikan berat badan. Selain sehat, buah dan sayur juga merupakan sumber energi alami dan memberikan tubuh banyak nutrisi.

Buah dan sayur yang rendah kalori dan tinggi serat dapat melancarkan pencernaan, sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan pilihan makanan diet, untuk mengembalikan berat badan normal.

Nah, berikut buah dan sayur yang dapat disantap saat diet:

– Buah apel, merupakan salah satu buah yang cocok untuk disantap saat diet. Buah apel yang rendah akan kalori karena dalam 1 buah apel hanya terdapat sekitar kurang lebih 100 kalori. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga menyebabkan kita merasa kenyang lebih lama saat memakannya.

– Buah pepaya, cocok untuk disantap saat diet karena kaya akan serat dan dapat memperlancar pencernaan, sehingga tubuh merasa jauh lebih ringan. Selain itu, pepaya mempunyai kandungan gula yang sedikit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menyantapnya.

– Lemon, buah berwarna kuning dan asam ini ternyata sangat bagus untuk proses detoksifikasi. Selain itu, lemon juga dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi air lemon di pagi hari dalam keadaan perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat, karena serat pektin yang terkandung dalam lemon dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Namun, air lemon juga dapat diminum saat malam hari menjelang tidur karena dapat melancarkan pencernaan di pagi harinya.

– Brokoli, mengandung 40 persen protein dan 60 persen karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Karbohidrat kompleks berfungsi untuk menurunkan berat badan. Serta kandungan serat yang tinggi dalam brokoli juga dapat melancarkan pencernaan.

3 dari 3 halaman

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih (iStock)
Ilustrasi minum air putih (iStockphoto)

Perbanyak minum air putih juga menjadi salah satu tips turunkan berat badan, lo! Setiap orang membutuhkan kadar cairan yang berbeda-beda. Umumnya orang dewasa, konsumsi air putih sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter per hari.

Dengan mengkonsumsi air putih sepanjang hari dapat membantu kamu tetap merasa kenyang sehingga dapat mengurangi konsumsi kalori setiap harinya.

Untuk kamu tidak suka minum air putih, ada alternatif yang bisa kamu coba dengan membuat infussed water. Infussed water juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, serta membuang racun dalam tubuh.

Kamu bisa menambahkan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah. Setelah itu kamu diamkan infussed water di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam.

5. Olahraga

Tips yang satu ini tentu penting untuk melancarkan program diet Anda. Olahraga sangat penting untuk membantu penurunan berat badan. Selain itu, olahraga juga dapat mengencangkan tubuh, lo.

Walaupun terkadang terasa malas, namun setidaknya sedikit bergerak dapat membantu proses penurun berat badan. Anda bisa mulai dengan jogging di pagi hari, bersepeda, atau berenang.

Jangan Malas, Ayo Hidup Sehat!

Tidak hanya karena diet, makan makanan yang sehat dan kaya akan serat harus diterapkan dengan konsisten. Selain membantu menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan sehat juga bisa membuat tubuhmu tetap bugar. Selain makan makanan sehat, jangan lupa juga untuk minum vitamin, ya!

Pos terkait