Kenangan Anies Jadi 'Tukang Ketik' Abdurrahman Baswedan

Politik

Berita / Politik 41 Views comments

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Hari ini, Abdurrahman Baswedan ditetapkan sebagai pahlawan nasional RI. Baswedan merupakan kakek dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelum menerima gelar tersebut dari Presiden Joko Widodo, Anies sempat cerita pengalaman saat hidup dengan sang Kakek. Sedari kecil hingga duduk di bangku SMA, Anies banyak menghabiskan waktu dengan Baswedan.

"Saat pulang TK, kakek biasa jemput. Lalu hampir setiap hari saya mengantar kakek ke kantor pos, karena beliau seorang wartawan," cerita Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, eight November 2018.

Semasa muda, Baswedan bekerja sebagai seorang jurnalis. Ada ratusan kaset rekaman hasil wawancara Baswedan dengan sejumlah tokoh yang masih tersimpan.

Baca: Abdurrahman Baswedan Dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional

Baswedan juga rutin berkirim surat dengan banyak tokoh. Saat itulah, Baswedan meminta Anies untuk menjadi 'tukang ketiknya'.

"Lalu hampir setiap hari dia berkirim surat. Saya jadi 'tukang ketiknya'. Saya yang mendikte. Di ujung surat selalu ada keterangan, Surat ini saya diktekan dan diketik oleh cucu saya, Anies. Saya bangga sekali ketika disebut," ungkapnya.

Selain menjadi seorang jurnalis, Baswedan juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan. Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baswedan juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, dan Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BN-KNIP). Dia juga pernah diutus ke Mesir untuk mendapatkan pengakuan de jure dan de facto dari Mesir.

Pada 16 Maret 1986 Baswedan wafat. Namun, nama Baswedan baru dimasukan dalam usulan daftar pahlawan nasional pada 2012.

Siang ini, Anies dan ibunya, Aliyah Rasyid menerima penghargaan gelar pahlawan Nasional RI untuk Abdurahman Baswedan di Istana Presiden.

Comments