Kanker Payudara Stadium Dini Bisa Sembuh Total

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Bogor Kanker payudara stadium awal, yakni stadium 1 dan 2 bisa sembuh sepenuhnya. Artinya, sel kanker hilang semua dan tidak kembali aktif lagi.

Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk Hastarita Lawrentia menjelaskan terapi kanker payudara stadium awal melalui teknik pembedahan dapat mengangkat seluruh sel kanker.

Muat Lebih

"Terapi pembedahan bisa dilakukan. Dengan syarat, kanker payudara masih stadium awal," jelas Rita, sapaan akrabnya saat memaparkan terapi kanker di kawasan Bogor, Jawa Barat, ditulis Jumat (10/10/2019).

Benjolan yang diangkat masih kategori kecil. Misalnya, berukuran 1 cm. Pembedahan termasuk terapi utama pada penanganan kanker payudara.

Sel Kanker Payudara Menyebar

Pembedahan yang dilakukan terhadap kanker payudara stadium lanjut seperti stadium 4 bisa saja dilakukan. Namun, tidak mampu mengangkat seluruh sel kanker.

"Kanker payudara stadium 4 yang diangkat (lewat pembedahan) percuma saja. Karena sel-sel kankernya sudah menyebar (metastasis)," Rita menegaskan.

Sel kanker payudara stadium lanjut bisa menyebar ke paru-paru, hati, dan ginjal. Sementara itu, tingkat kesembuhan kanker payudara stadium 3 tergantung kondisi sel kanker, sejauh mana sudah menyebar.

"Karena kanker payudara stadium lanjut tidak bisa sepenuhnya diangkat, kemoterapi jadi solusi untuk meningkatan kualitas hidup pasien," lanjut Rita.

Saksikan juga video menarik berikut:

Pos terkait