Jaksa Agung Tak Percaya Anak Buahnya Hanya Ngefans Ahmad Dhani

Nasional

Berita / Nasional 9 Views comments

JawaPos.com - Pose salam dua jari khas Prabowo-Sandi yang dilakukan salah satu oknum jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Timur saat berfoto dengan musisi Ahmad Dhani seketika viral. Jaksa Agung M. Prasetyo pun mengambil sikap.

Dia langsung memerintahkan anak buahnya untuk memeriksa oknum jaksa perempuan itu. "Sudah diperiksa, katanya hanya ngefans saja, tapi kita nggak percaya itu," tegas Prasetyo di kantornya, Jakarta, Kamis (14/2).

Dia menegaskan, jaksa tidak boleh menunjukkan keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon dalam pemilu. "Jaksa harus independen, harus netral. Tidak boleh menunjukkan kesan dalam bentuk apa pun, maupun menunjukkan keberpihakan," tegas Prasetyo.

Jika ada jaksa yang menunjukkan keberpihakan dalam pemilu, pihaknya telah menyiapkan sanksi. Prasetyo menjelaskan bahwa institusinya memiliki tindakan inner sesuai kesalahan yang diperbuat.

"Untuk saat ini yang bersangkutan mengatakan tidak ada maksud apa-apa hanya karena dia ngefans berat artis yang sekarang sedang terkena kasus," tambahnya.

Pernyataan serupa disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Mukri. "Tidak ada keberpihakan pada A atau B karena kami ASN (aparatur sipil negara) kan harus netral, jadi tidak boleh. Tidak ada niat untuk seperti itu," tuturnya.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Desyinta Nuraini
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Comments