Invasi Masjidil Haram hingga Picu Krisis Diplomatik, 3 Ulah Jangkrik Ini Bikin Repot

Nasional

Berita / Nasional 11 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Jangkrik tidak masuk dalam daftar hewan yang berbahaya. Serangga famili Gryllidae itu justru disebut-sebut sebagai sumber protein masa depan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

Laporan FAO menyatakan, makan serangga bisa membantu meningkatkan gizi dan mengurangi polusi.

Satu jangkrik memang tak mengapa, namun kawanannya yang bisa mencapai ribuan bisa bikin repot banyak orang.

Misalnya baru-baru ini di Makkah, Arab Saudi. Ribuan serangga itu menginvasi Kota Makkah, hingga ke kompleks Masjidil Haram, tempat suci bagi umat Islam.

Sejumlah gambar dan rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan bagaimana jangkrik-jangkrik jenis true crickets menginvasi Masjidil Haram, yang dikunjungi jutaan muslim tiap tahunan.

Dalam sebuah video terlihat bagaimana serangga-serangga tersebut berterbangan, berlatar langit malam, diterangi lampu Masjidil Haram.

Sejumlah jemaah menjadi saksi mata serbuan jangkrik tersebut. Pada Sabtu malam saya berdoa di Masjid Suci dan serangga ada di mana-mana, di masjid, tidak hanya di halaman, tetapi bahkan di sekitar Kakbah," kata Abdulwhab Soror, 64, mengatakan kepada The Nationwide.

"Saya telah tinggal di Makkah seumur hidup saya dan saya belum pernah menyaksikan sesuatu seperti ini sebelumnya," tambahnya.

Fenomena invasi jangkrik bahkan membingungkan para pakar margasatwa. Dr Jacky Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati terestrial di WWF dan Emirates Nature, mengatakan bahwa itu adalah yang pertama.

"Ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk melihat spesies ini dalam jumlah besar. Saya tidak terkejut bahwa orang mengatakan hal yang sama," kata Dr Judas. "Saya belum pernah melihat spesies ini dalam jumlah sebesar ini."

Judas memperkirakan, jangkrik itu berasal dari beberapa bisnis di Semenanjung Arab yang membudidayakan jangkrik untuk pakan burung. Beberapa serangga bisa saja melarikan diri dan menyebar ke Makkah.

Pihak berwenang Kota Makkah pun tak tinggal diam. Ratusan petugas pembersihan dikerahkan untuk mengatasi jangkrik-jangkrik yang menggangu pada jemaah.

Comments