Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi

, Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi, Dailymail.co.id | Daily Mail Online
Rate this post

Dailymail.co.id, Jakarta Banyak orang yang tidak dapat menahan rasa kantuk setelah bangun pagi dan akhirnya malah tidur lagi. padahal bangun pagi dan melakukan berbagai hal positif di pagi hari sangatlah bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental.

Namun, sering kali seseorang tertidur lagi setelah bangun pagi. Biasanya saat bangun untuk menunaikan salat subuh, atau bangun karena alarm untuk melakukan berbagai rencana di pagi hari buyar karena rasa ngantuk yang tidak tertahankan.

Tips tidak tidur lagi setelah bangun pagi ini bisa diterapkan agar segera siap menjalani hari. Biasanya rasa ngantuk setelah bangun pada pagi hari disebabkan oleh tidur yang tidak berkualitas atau karena pola tidur yang tidak sehat.

Berikut Dailymail.co.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2019) tentang tips agar tidak tidur lagi setelah bangun pagi

Mengatur Pola Tidur

, Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi, Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Mengatur Pola Tidur

Tips pertama agar tidak tidur lagi setelah bangun pagi adalah dengan mengatur pola tidur kamu. Waktu tidur memiliki peran yang sangat signifikan karena berpengaruh besar pula pada kesehatan seseorang.

Kamu disarankan untuk tidur lebih cepat agar pada pagi harinya tidak lemas dan mengantuk lagi saat bangun. Mengatur pola tidur tentunya akan sangat sulit bagi sebagian besar orang, apalagi yang memiliki kesibukan sampai malam hari.

Namun kamu harus tetap mengaturnya untuk menjaga kesehatan, apalagi waktu 90 menit sebelum tengah malam adalah tahap yang sangat penting bagi tubuh untuk berisitirahat.

Tubuh memiliki jam biologis dalam mengatur pola tidur seseorang. Biasanya detak jantung akan melambat dan suhu tubuh akan menurun bila tubuh mengisyaratkan untuk beristirahat. Berbagai proses dilakukan organ tubuh saat kamu tertidur yang mencapai puncaknya pada pukul 3-4 pagi.

Lalu setelahnya akan menjadi proses untuk bangun tidur. Padahal pada jam 4 -6 pagi banyak orang yang masih tertidur lelap. Hal ini menyebabkan pola tidur menjadi tidak teratur dan sering merasa lelah saat bangun.

Hindari Gadget Sebelum Tidur

Agar tidak tidur lagi setelah bangun pagi, maka sebaiknya kamu menghindari dan meletakkan gadget di tempat yang jauh darimu. Kebanyakan orang biasa memeriksa gadget dulu sebelum tidur, padahal hanya untuk melihat media sosial dan merupakan kepentingan yang tidak harus dilakukan saat itu juga.

Melihat layar gadget, layar TV, laptop dan lain-lain bisa membuat kualitas tidur yang kamu lakukan memburuk. Kamu wajib mematikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur agar mendapatkan istirahat yang berkualitas. Jadi saat besoknya bangun, kamu akan merasa lebih segar dan tidak merasakan ngantuk lagi.

Minum Air Putih Sebelum Tidur dan Saat Bangun

, Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi, Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Minum air putih sebelum dan saat bangun tidur sangat baik untuk tubuh. Bila kamu minum air putih sebelum tidur, maka tidur akan menjadi lebih berkualitas. Hal ini disebabkan karena tubuh perlu terhidrasi saat tidur untuk mendukung otak memproses hormon pengatur tidur pada tubuh dan agar biokimia tidur befungsi optimal. Sedangkan minum air putih setelah bangun tidur dapat menghilangkan rasa ngantuk yang masih tersisa. Dengan begitu, kamu tidak akan tidur lagi setelah bangun pagi.

Sarapan

, Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi, Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Sarapan merupakan salah satu kegiatan yang sangat sering dilewatkan oleh sebagaian besar orang. Padahal saarapan memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan, begitu pula untuk menyegarkan diri setelah bangun pagi.

Bila kamu tidak sarapan, maka tubuh tidak memiliki energi untuk memulai kegiatan-kegiatan. Banyak orang belum mengetahui bahwa waktu yang paling baik untuk sarapan adalah 30 menit setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah stabil dan menghindari rasa ngantuk yang datang di pagi hari. Badan jadi terasa lebih segar dan tidak lemas setelah bangun tidur.

Olahraga

, Ini 5 Tips Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi, Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Olahraga di pagi hari adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Udara pagi masih belum terkontaminasi polusi, jadi kamu bisa jogging di sekeliling komplek atau hanya berjalan-jalan saja pada pagi hari. Hal ini juga dapat membantu untuk tidak tidur lagi setelah bangun pagi.

Dengan pergi keluar rumah setelah bangun tidur, kamu bisa menghirup udara segar yang tentunya juga menyebabkan tubuh menjadi segar. Dengan melakukan olahraga pagi secara teratur, maka kamu bisa menghindari diri dari rasa malas dan ngantuk di pagi hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan