Indra Sjafri Punya Kenangan Mendalam dengan Mendiang BJ Habibie

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri punya kenangan yang cukup mendalam dengan mendiang Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie. Indra Sjafri pernah bertemu langsung dengan tokoh nasional ini dalam sebuah kesempatan.

Kenangan tersebut, menurut Indra, adalah ketika ia dan rombongan Bali United -klub besutannya waktu itu- diundang oleh BJ Habibie ke rumahnya. Peristiwa ini terjadi pada awal April 2016 silam.

Muat Lebih

“Saya sangat berterima jasih pernah diundang ke rumah beliau di Kuningan,” ucap Indra, pada Dailymail.co.id.

Waktu itu, Habibie dan Indra sempat berdiskusi ihwal sejumlah permasalahan, termasuk sepak bola. Menurut Indra, ada kesan kuat yang ia tangkap dari diskusinya dengan tokoh kelahiran 25 Juni 1936 tersebut.

“Beliau sangat baik. Ia pun sangat detail dalam menjelaskan segala sesuatu,” ujarnya.

BJ Habibie sendiri wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/09) pukul 18.05 WIB. Almarhum mengembuskan nafas terakhir pada usia 83 tahun.

Apa lagi kesan Indra Sjafri pada sosok BJ Habibie?

Mendapat Petuah Sang Bapak Bangsa

Presiden RI ke-3 BJ Habibie saat melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh bangsa dan tokoh gerakan suluh kebangsaan di kediamannya, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Silaturahmi membahas kemajuan dan arah masa depan bangsa Indonesia. (<a rel=Dailymail.co.id/Helmi Fithriansyah)”/>

BJ Habibie tak terlalu lekat dengan sepak bola. Namun, dalam pertemuannya dengan Indra, ia sempat memberi wejangan berharga pada pelatih berusia 56 tahun ini.

Menurut Indra, almarhum menasehatinya bahwa membangun sepak bola tak cukup dengan sekadar membenahi masalah teknis. Ada hal lain yang juga perlu diperhatikan.

“Beliau menasihati saya bahwa aspek moral dan spritual juga harus dibangun dalam membangun sepak bola,” tutupnya.

Disadur dari Dailymail.co.id(Dendy Gandakusumah/Serafin Unus Pasi, Published 11/9/2019)

Video

Pos terkait

Tinggalkan Balasan