Hilangkan Lemak dengan Cara Dibekukan, Bagaimana Caranya?

Halo Dokter

Kesehatan / Halo Dokter 51 Views comments

JawaPos.com - Bagian tubuh yang dipenuhi lemak memang mengurangi rasa percaya diri. Terutama lemak di daerah perut. Sehingga tak jarang seseorang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan lemak tubuh.

Saat ini memang ada beberapa teknik untuk menghilangkan lemak tubuh. Biasanya dilakukan dengan cara dipanaskan, disedot, dan teknik pemijatan. Kali ini, lemak tubuh bisa dihilangkan dengan cara dibekukan. 

Teknik pembekuan lemak ini dikenal dengan Cryolipolysis. Efek menghilangkan lemak melalui teknik pembekuan akan berbeda dengan teknik yang dipanaskan. Sesuai dengan tujuannya yakni membekuan, maka dalam prosesnya akan menggunakan suhu dingin

cara hilangkan lemak, cara hilangkan lemak, teknik menghilangkan lemak,
dr. Med. Dwindi Saptania, Medical Director Evitderma ketika ditemui di Evitderma Aesthetic Clinic, Pondok Indah, Jakarta Selatan. (Inri Sembiring/JawaPos.com)

"Biasanya kan panas, sel lemak melting akan menjadi kecil. Tapi kalau Cryolipolysis satu lemak ini mati semua, sampai makrofag makan dibuang lewat limfatik feses," kata dr. Med. Dwindi Saptania, Medical Director Evitderma,  ketika ditemui di Evitderma Aesthetic Clinic, Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Langkah awal, pasien akan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui space mana yang akan dibekukan. Kemudian akan dilihat apakah lemak yang ada layak untuk dibekukan atau tidak.

Lalu alat pembekuan akan menjepitkan goal lemak sekitar 50 menit. Biasanya akan menyesuaikan tingkat suhu dinginnya.

Tiga menit pertama, pasien akan merasa tidak nyaman karena proses pendinginan dilakukan. Barulah setelah lima menit pasien tersebut mulai merasa nyaman kembali.

Untuk melancarkan pembuangan lemak dapat dibantu dengan therapeutic massage dan RF (untuk pengencangan kulit). Cara memijat pun akan diajarkan terapis pada pasien agar bisa dilakukan di rumah.

"Setiap kali mandi di-therapeutic massage di bagian itu (lemak yang dibekukan), seperti ke arah limfatik misalkan perut ke arah bawah  kalau tangan naik ke pangkal atas supaya dia jalan ke arah limfa," tambah dr. Med. Dwindi Saptania.

Tak ada pantangan apa-apa setelah melakukan perawatan Cryolipolysis. Yang terpenting hindari olahraga berat karena setelah melalui proses pembekuan, badan akan agak sedikit lebam atau biru-biru.

Anda akan melihat hasil yang sempurna setelah 6-Eight minggu. Memastikan bahwa lemak tersebut benar-benar terbuang. Jangan lupa untuk tetap menjaga makanan seperti menghindari asupan karbohidrat yang terlalu banyak. Karena jika makanan tidak terkontrol, lemak akan muncul kembali di daerah yang berbeda.

Sekali penjepitan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 5 juta. Bagi yang memiliki penyakit epilepsi, hipertensi, kanker, serta ibu hamil disarankan tidak melakukan perawatan ini.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Inriyani Sembiring

Comments