Habiskan Rp 98 Triliun, Pemilu Termahal Sejagat Berlangsung di India

Nasional

Berita / Nasional 16 Views comments

Liputan6.com, New Delhi - Pemilu termahal di dunia ternyata berlangsung. Fenomena itu terjadi di India dan baru saja dimulai pada 11 April kemarin.

Dilansir dari Forbes, sebanyak 830 juta orang India akan memberikan suara mereka untuk eight.000 kandidat dari 450 partai politik berbeda. Alhasil, pemilu ini menjadi yang paling ramai dan mahal di dunia.

Pemilu termahal di dunia ini berlangsung selama satu bulan hingga 19 Mei 2019. Partai dari Perdana Menteri Narendra Modi dari Partai Bharatiya Janata diprediksi akan menang.

Pemilu termahal ini juga tidak lepas dari campur tangan para hartawan yang sibuk memberi donasi. Dunia korporat India pun memberi dukungan finansial yang besar bagi Narendra Modi, demikian laporan The Straits Occasions.

Menurut Centre for Media Research asal New Delhi, dana pemilu India terus menanjak sejak tahun 2009.

Pada tahun 2014 saja, dana yang digelontorkan mencapai USD 5 miliar atau Rp 70 triliun (USD 1 = Rp 14.zero11). Angka itu naik hingga USD 2 miliar (Rp 28 triliun) dari tahun 2009.

Sementara, tahun 2019 ini dana pemilu akan menembus USD 7 miliar (Rp 98 triliun).

"Pemilu-pemilu semakin mahal karena banyak alasan struktural," ujar Milan Vaishnav dari Carnegie Endowment for Worldwide Peace.

Sejumlah alasan pemilu makin mahal, menurut Vaishnav, adalah pertambahan populasi, bertambahnya kompetisi politik, perubahan teknologi, sampai harapan para pemilih untuk mendapakan uang dari para kandidat.

Comments