Gaji Rp 5 Juta Mau Punya Rumah dengan KPR? Begini Caranya

Nasional

Berita / Nasional 59 Views comments

Sekarang kita akan melanjutkan untuk melakukan perhitungan KPR untuk penghasilan di bawah Rp 5 juta. Kita akan mengambil contoh kasus jika Anda ingin membeli rumah dengan nilai jual seharga Rp 300 juta dengan kisaran bunga 6 persen per tahun. Untuk masa tenor yang diambil, lebih baik Anda mengambil masa tenor maksimum, yakni 20 tahun. Coba kita lihat perhitungannya di sini!

- Perhitungan uang muka

Rp 300 juta (harga jual rumah) x 20 persen = Rp 60 juta

- Perhitungan pokok kredit

Rp 300 juta (harga jual rumah) – Rp 60 juta (uang muka) = Rp 240 juta

- Perhitungan cicilan pokok per bulan

Rp 240 juta (pokok kredit) : 240 bulan (masa tenor 20 tahun) = Rp 1 juta

- Perhitungan bunga cicilan per bulan

Rp 240 juta (pokok kredit) x 6 persen (bunga per tahun) : 12 = Rp 1,2 juta

- Perhitungan cicilan per bulan

Rp 1 juta (cicilan pokok per bulan) + Rp 1,2 juta (bunga cicilan per bulan = Rp 2,2 juta

Sesuai dengan perhitungan pengeluaran bulanan di atas, nominal cicilan rumah senilai Rp 2,2 juta per bulan sudah melebihi price range alias dana yang Anda miliki terbilang kurang.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi persoalan ini, yakni dengan menyelesaikan terlebih dahulu hutang kartu kredit dan hutang motor sehingga dananya bisa dialokasikan untuk membayar cicilan hutang, memberikan uang muka yang lebih besar, mencari rumah yang lebih murah, hingga memilih banyak yang menawarkan bunga rendah.

Anda akan terbantu jika pasangan Anda juga bekerja. Dengan asumsi pasangan Anda memiliki penghasilan sama, berarti masih ada dana sebesar Rp 7,1 juta per bulan yang masih bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa memulai usaha sampingan agar bisa menambah penghasilan bulananmu. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan, mulai dari bisnis on-line, menjadi freelancer, menjadi Youtuber, dan masih banyak lagi. Dengan adanya kerja keras dan keinginan yang kuat, bukan hal yang mustahil untukmu memiliki rumah idaman. Jadi jangan patah semangat dulu!

Comments