Dailymail.co.id | Daily Mail Online https://www.dailymail.co.id Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional. Sun, 22 Sep 2019 18:58:06 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 88514759 Timnas Indonesia U-16 Dipastikan Lolos ke Putaran Final Piala AFC 2020 https://www.dailymail.co.id/timnas-indonesia-u-16-dipastikan-lolos-ke-putaran-final-piala-afc-2020/ https://www.dailymail.co.id/timnas-indonesia-u-16-dipastikan-lolos-ke-putaran-final-piala-afc-2020/#respond Sun, 22 Sep 2019 18:32:55 +0000 https://www.dailymail.co.id/timnas-indonesia-u-16-dipastikan-lolos-ke-putaran-final-piala-afc-2020/ Jakarta – Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke putaran final Piala AFC 2020 setelah mengakhiri babak kualifikasi di peringkat kedua Grup G. Pasukan Bima Sakti melangkah setelah berstatus satu dari empat runner up terbaik.

Kepastian lolosnya Timnas Indonesia U-16 ke Piala AFC U-16 2020 didapat setelah menahan imbang Tiongkok 0-0 pada partai terakhir Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Tambahan satu poin memang gagal mengantar Timnas Indonesia U-16 menjadi kampiun Grup G. Tim berjulukan Garuda Muda ini mengumpulkan sepuluh poin, yang berkurang menjadi tujuh lantaran dipotong kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara yang berstatus juru kunci grup.

Garuda Muda punya angka yang sama dengan Tiongkok, namun kalah selisih gol, 12 berbanding 13 gol milik China.

Timnas Indonesia U-16tetap melaju ke Piala AFC U-16 2020 dengan status runner-up terbaik. Sebanyak 11 juara grup dan empat peringkat kedua terbaik akan bertanding di Bahrain pada 16 September – 3 Oktober 2020.

Klasemen Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G

Klasemen Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Matchday ke-4. (Bola.com/Dody Iryawan)

]]>
https://www.dailymail.co.id/timnas-indonesia-u-16-dipastikan-lolos-ke-putaran-final-piala-afc-2020/feed/ 0 498661
Gempa Dangkal Guncang Berastagi Terasa hingga Kota Medan https://www.dailymail.co.id/gempa-dangkal-guncang-berastagi-terasa-hingga-kota-medan/ https://www.dailymail.co.id/gempa-dangkal-guncang-berastagi-terasa-hingga-kota-medan/#respond Sun, 22 Sep 2019 18:07:33 +0000 https://www.dailymail.co.id/gempa-dangkal-guncang-berastagi-terasa-hingga-kota-medan/ Dailymail.co.id, Jakarta – Gempa bumi dangkal menguncang kawasan Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (22/9/2019). Gempa yang terjadi pukul 22.43 WIB itu berkekuatan magnitudo 2,2.

Meski kekuatannya relatif rendah, gempa terasa hingga Kota Medan, Sumatera Utara dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Guncangan terasa lantaran pusat gempa sangat dangkal, yakni hanya sedalam 2 km di darat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, titik gempa berada di darat dengan koordinat 3.39 lintang utara (LU) dan 98.58 bujur timur (BT) atau 23 km utara Berastagi.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan dampak dari gempa tersebut.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

]]>
https://www.dailymail.co.id/gempa-dangkal-guncang-berastagi-terasa-hingga-kota-medan/feed/ 0 498663
Duka di Balik Perjuangan Pemadaman Kebakaran Gunung Slamet https://www.dailymail.co.id/duka-di-balik-perjuangan-pemadaman-kebakaran-gunung-slamet/ https://www.dailymail.co.id/duka-di-balik-perjuangan-pemadaman-kebakaran-gunung-slamet/#respond Sun, 22 Sep 2019 18:00:18 +0000 https://www.dailymail.co.id/duka-di-balik-perjuangan-pemadaman-kebakaran-gunung-slamet/ Dailymail.co.id, Banyumas – Kebakaran Gunung Slamet merembet dari wilayah Kabupaten Brebes ke Banyumas, pada Kamis (19/9/2019). Secepat itu pula api merembet hingga tiga hari kemudian, mencapai kawasan Baturraden.

Barangkali, ada sebagian masyarakat yang menganggap penanganan kebakaran Gunung Slamet ini lamban. Tak salah memang. Tetapi, harus pula diakui pemadaman kebakaran di pegunungan jauh berbeda dari pemadaman api konvensional.

Tim pemadam gabungan berhadapan dengan vegetasi yang begitu kering dan mudah terbakar. Belum lagi jarak tempuh yang mencapai 10 jam perjalanan dari posko induk.

Lokasi kebakaran Gunung Slamet juga berada di lereng atau jurang yang begitu sulit dijangkau relawan. Tiupan angin kencang yang sewaktu-waktu berubah bisa saja membahayakan relawan yang tengah berjuang memadamkan api yang terus mengganas.

Itu makanya, relawan yang dipilih untuk memadamkan api adalah relawan yang tangguh, baik fisik maupun mental. Satu hal yang mutlak dipenuhi, ia juga mesti relawan yang berpengalaman.

Toh, nasib buruk bisa saja menimpa siapa saja, meski sudah dengan persiapan matang dan peralatan memadai. Apalagi, relawan hanya bermodal tekad dan teknik. Untuk memadamkan api, misalnya, mereka menggunakan potongan ranting atau alat apa saja yang ditemui di lapangan.

Jumat, 20 September 2019, Posko menerima kabar ada satu anggota Tim 2 yang jatuh ke jurang. Beruntung, ia masih selamat.

Namun, diduga relawan bernama Harinto Setiyadi, anggota Linmas Inti Kabupaten Banyumas ini retak tulang. Ia cedera kaki kanan tergelincir ketika memadamkan kebakaran Gunung Slamet.

Relawan Kelelahan Bertarung dengan Api

Dailymail.co.id/Perhutani/Muhamad Ridlo)” alt=”Pemadaman kebakaran Gunung Slamet di Purbalingga (13/9/2019) dilakukan dengan peralatan seadanya yang ditemui di lapangan. (Foto: Dailymail.co.id/Perhutani/Muhamad Ridlo)”/>

Tim ketiga pun diberangkatkan. Sebanyak 41 personel yang terdiri dari TNI, Polri, Banser, PMI, Jaga Baya, Linmas Inti dan UPL Unsoed menambah kekuatan tim pemadam, sekaligus mengevakuasi korban.

"Korban dibawa ke RS DKT untuk perawatan," ucap Sugito, Manajer Bisnis Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur, Minggu.

Saat itu, tim 1 berada di pos 4 jalur baturraden lama, melaporkan telah melihat titik api pada 400 meter arah barat laut spesifik koordinat 7⁰15’48,75” LS dan 109⁰11’17,58” BT petak 58D-12, RPH Karanggandul, BKPH Gunung Slamet Barat.

Penambahan kekuatan terus dilakukan, dengan pemberangkatan tim 4. Mereka berbekal logistik untuk tiga hari serupa dengan tim-tim sebelumnya. Tim keempat ini bertugas untuk menggantikan anggota tim sebelumnya yang kelelahan usai berjibaku menjinakkan api kebakaran Gunung Slamet.

Namun, hingga Minggu, 22 September 2019, kebakaran Gunung Slamet belum bisa dipadamkan. Tim 5 diberangkatkan.

Tim ini bertugas untuk mengantar logistik ke tim 4, dan mengevakuasi anggota tim yang kelelahan. Itu berarti, secara total, sejak Kamis, sebanyak lima tim telah diberangkatkan ke lereng Gunung Slamet yang terbakar di ketinggian di atas 2.000 mdpl.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Ariono Purwanto mengatakan, tim gabungan terdiri dari TNI, Polri dan relawan dari berbagai unsur lintas instansi dan masyarakat.

Kondisi Terakhir Kebakaran Gunung Slamet

Dailymail.co.id/BPBD Banyumas/Muhamad Ridlo)” alt=”Kebakaran Gunung Slamet di ketinggian 3.000 mdpl. (Foto: Dailymail.co.id/BPBD Banyumas/Muhamad Ridlo)”/>

Kata dia, langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi terakhir kebakaran Gunung Slamet dan melakukan upaya pemadaman jika api kembali membesar.

"Itu ada laporan tadi malam, itu memang sudah mengecil. Tetapi, kalau ada angin besar ditakutkan membara lagi," ucap Ariono.

Dia mengungkapkan, berdasar laporan tim pendahulu yang diberangkatkan pada Jumat, titik api di Gunung Slamet pada Sabtu sore sudah mengecil, namun belum padam. Karenanya, butuh langkah antisipasi untuk memastikan pemadaman kebakaran Gunung Slamet.

Menurut dia, pemadaman api di Gunung Slamet tidak bisa dilakukan relawan secara massal. Pasalnya, lokasi kebakaran berada di ketinggian sekitar 2.500 mdpl. Hanya relawan dan petugas yang berpengalaman yang direkomendasikan untuk mengikuti operasi ini.

"Kita melakukan banyak hal, di antaranya dengan pembuatan sekat bakar. Kemudian memadamkan api yang masih menyala," ujarnya.

Ia juga mengaku belum mendapat laporan berapa luas area yang terbakar beserta perkiraan kerugiannya.

Dia mengemukan, selain kendala jarak, relawan juga akan berhadapan dengan cuaca ekstrem, suhu dingin, dan medan yang berat. Komunikasi dengan tim di lapangan juga sulit lantaran sudah masuk ke kawasan blank spot selular maupun radio, meski sudah dibantu dengan pemantul sinyal (repeater) RAPI.

Data sementara dari Perhutani, areal terbakar meliputi Petak 58D-10, 58D-11 dan 58D-12 seluas 15 hektare dengan kerugian Rp 112.500.000.

Minggu, Tim 4 melaporkan api sudah memasuki parit atau sekat bakar yang dibuat oleh tim 3 sudah pada pukul 13.00 WIB. "Sempat padam kemarin, tapi tadi pagi jam 9 nyala lagi," ucap Sugito.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

]]>
https://www.dailymail.co.id/duka-di-balik-perjuangan-pemadaman-kebakaran-gunung-slamet/feed/ 0 498665
6 Zodiak yang Suka Berkata Jujur Meski Menyakitkan https://www.dailymail.co.id/6-zodiak-yang-suka-berkata-jujur-meski-menyakitkan/ https://www.dailymail.co.id/6-zodiak-yang-suka-berkata-jujur-meski-menyakitkan/#respond Sun, 22 Sep 2019 18:00:00 +0000 https://www.dailymail.co.id/6-zodiak-yang-suka-berkata-jujur-meski-menyakitkan/ Dailymail.co.id, Jakarta – Kejujuran menjadi satu kunci utama dalam menjalin hubungan, baik pertemanan hingga soal asmara. Namun, bagaimana jika ucapan yang jujur dari seseorang justru akan melukai bahkan menyakiti perasaan Anda?

Makna jujur tidak lain soal tidak berbohong hingga berkata yang sebenarnya. Ada beberapa zodiak yang disebut suka berkata jujur, meski ungkapan mereka tersebut terdengar menyakitkan.

Mana saja zodiak-zodiak tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari yourtango, Minggu, 22 September 2019 di bawah ini.

1. Taurus

Anda akan mendengar kebenaran jika bertanya dengan zodiak Taurus. Mereka akan langsung menggali apa sisi yang baik, buruk, dan yang berada di antaranya pada sebuah permasalahan.

Taurus tidak percaya pada kebohongan, tetapi mereka juga tidak percaya pada pendekatan yang anggun. Pribadi ini akan memberitahu apa yang Anda perlu dengar, bahkan jika itu membuat Anda menangis.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online:

2. Gemini

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Mungkin Gemini jadi zodiak yang paling kejam, di mana ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengatakan yang sebenarnya. Namun, jika ia telah menguak misteri, mereka hanya akan memberitahu Anda apa yang mereka pikirkan. Tidak ada keraguan bahwa apa yang mereka katakan itu juga akan melukaimu.

3. Sagitarius

Sagitarius akan mengatakan yang sebenarnya, bahkan ketika Anda tidak ingin mendengarkannya. Meski mereka tidak sengaja bermaksud tentang itu, mereka sengaja jujur.

4. Virgo

Virgo akan jujur, meski itu kejam. Jika Anda tidak suka apa yang mereka katakan, mereka akan menjadi lebih jahat sampai Anda diam dan menerimanya.

5. Capricorn

Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Capricorn kerap berkata jujur dan mereka tidak percaya itu harus dilunakkan, diubah, atau dibuat bagus demi perasaan seseorang. Ini adalah pendekatan yang menyegarkan, meski kejam dan konfrontatif.

6. Aries

Aries percaya pada kebenaran. Zodiak ini jarang berbohong, ketika memutuskan untuk memberitahu seseorang apa yang sebenarnya terjadi, zodiak ini tidak menahan diri. Mereka akan bicara bahkan jika akan menyebabkan emosi pihak lain.

]]>
https://www.dailymail.co.id/6-zodiak-yang-suka-berkata-jujur-meski-menyakitkan/feed/ 0 498667
Dramatis, 10 Pemain Arsenal Tundukkan Aston Villa https://www.dailymail.co.id/dramatis-10-pemain-arsenal-tundukkan-aston-villa/ https://www.dailymail.co.id/dramatis-10-pemain-arsenal-tundukkan-aston-villa/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:29:41 +0000 https://www.dailymail.co.id/dramatis-10-pemain-arsenal-tundukkan-aston-villa/ Dailymail.co.id, London – Arsenal menang dramatis 3-2 atas tamunya Aston Villa pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (22/9/2019) malam WIB. Dalam laga ini, The Gunners harus mengakhiri laga dengan 10 pemain.

Villa berhasil mengejutkan publik tuan rumah saat laga baru berjalan 20 menit. Adalah John McGinn yang mencatatkan namanya di papan skor usai menyontek umpan Anwar El Ghazi.

Tuan rumah kemudian harus kehilangan Ainsley Maitland-Niles di penghujung babak pertama. Pemain bernomor punggung 15 itu menerima kartu kuning kedua.

Arsenal yang tak mau malu di depan pendukungnya sendiri mencoba bangkit di babak kedua. Hasilnya, Nicolas Pepe sukses menyamakan kedudukan di menit 59 melalui penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Matteo Guendouzi dilanggar di kotak terlarang. Skor jadi 1-1.

Selang semenit, Villa membalas melalui Wesley. Ia sukses meneruskan umpan Jack Grealish di mulut gawang.

Arsenal yang tak mau menyerah berhasil menyamakan kedudukan lagi di menit 81. Calum Chambers sukses menyontek bola di kotak penalti. Skor jadi imbang 2-2.

Enam menit sebelum waktu normal berakhir, Pierre-Emerick Aubameyang memastikan kemenangan Arsenal. Melalui tendangan bebas, Aubameyang mengirim bola ke tiang jauh.

Skor jadi 3-2 untuk Arsenal dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka (TOLGA AKMEN / AFP)

Arsenal: Bernd Leno, Ainsley Maitland-Niles, Sokratis, David Luiz, Sead Kolasinac, Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Bukayo Saka, Pierre-Emerick Aubameyang

Aston Villa: Tom Heaton, Neil Taylor, Tyrone Mings, Bjorn Engels, Frederic Guilbert, Jack Grealish, Marvelous Nakamba, John McGinn, Anwar El Ghazi, Wesley, Trezeguet

Dailymail.co.id | Daily Mail Online:

]]>
https://www.dailymail.co.id/dramatis-10-pemain-arsenal-tundukkan-aston-villa/feed/ 0 498552
Heboh Sepeda Hilang dan Foto Imam Nahrawi di Alun-alun Blora https://www.dailymail.co.id/heboh-sepeda-hilang-dan-foto-imam-nahrawi-di-alun-alun-blora/ https://www.dailymail.co.id/heboh-sepeda-hilang-dan-foto-imam-nahrawi-di-alun-alun-blora/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:27:35 +0000 https://www.dailymail.co.id/heboh-sepeda-hilang-dan-foto-imam-nahrawi-di-alun-alun-blora/ Dailymail.co.id, Blora – Gelaran Gowes Nusantara 2019 di Alun-alun Kabupaten Blora, Jawa Tengah, diikuti ribuan peserta pada Minggu (22/9/2019) pagi.

Namun acara yang digagas Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu menyisakan kisah pilu. Kabarnya, banyak peserta yang kehilangan sepeda.

Mochamad Jumarno, warga Blora mengaku kehilangan sepeda. Saat itu dirinya tengah berjalan berkeliling alun-alun. Tak berapa lama, setelah dia kembali sepedanya raib. Upaya pencarian pun dilakukan, namun nihil.

Jumarno akhirnya lari ke kantor polisi. Apalagi dia mengaku mendengar curhat yang sama dari banyak peserta yang kehilangan sepeda.

"Tadi itu saya sebentar meninggalkan sepeda saya. Selain saya, juga ada peserta Gowes dari Bojonegoro yang kehilangan sepedanya, namun tidak laporan ke polisi," ujar dia kepada Dailymail.co.id.

Dia pun menyayangkan keamanan di sekitar alun-alun Blora yang tidak dipasang CCTV. Terlebih peristiwa kehilangan sepeda di alun-alun sudah sering terjadi.

"Bisa dibilang sekitar alun-alun tak aman karena tak ada CCTV nya padahal itu pusat kota, dan orang kehilangan sepeda sudah sering. Saya lapor polisi biar diurus juga dan alun-alun Blora bisa dipantau," kata dia.

Aiptu Bambang Edy Purnomo, bagian SPKT Polsek Kota Blora mengatakan, pihaknya telah menerima laporan kehilangan sepeda dari peserta Gowes Nusantara. Laporan itu tercatat dengan nomor: LP/B/19/IX/2019/Jateng/Res.BLA/Sek.Blora, tanggal 22 September 2019.

"Ini sudah dibuatkan laporan mas. Pasal 362 KUHP soal pencurian dan sesuai laporan," ujar dia.

Heboh Foto Menpora Imam Nahrawi

Gelaran Gowes Nusantara 2019 di Alun-alun Kabupaten Blora, Jawa Tengah (<a rel=Dailymail.co.id/Ahmad Adirin)”/>

Selain soal kehilangan sepeda, peserta Gowes Nusantara juga dihebohkan oleh foto mantan Kemenpora Imam Nahrawi yang masih terpasang di latar belakang atau backdrop baliho acara.

Sontak foto tersebut jadi perbincangan peserta dan warga sekitar. Apalagi Imam Nahrawi baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi hibah dana Koni. Baliho tersebut diketahui terpasang sejak Sabtu 21 September 2019.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamuji mengatakan, tidak ada yang perlu ditanggapi atau diklarifikasi soal baliho tersebut.

Dia melanjutkan, baliho tersebut juga akan dicopot saat acara Gowes selesai.

"Itu kan acaranya Kementerian Pemuda Olah Raga. Ya nggak apa apa, tersangka kan belum tentu bersalah, ada asas praduga tak bersalah," kata Slamet saat dikonfirmasi Dailymail.co.id.

Menurut Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), Rudy Prijanto, Gowes Nusantara 2019 ini mengambil start dan finish di Alun-alun Blora. Dengan jarak tempuh untuk off road sepanjang 20 Kilo Meter (KM). "Sedangkan on road kira-kira 16 Km," sambungnya.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

]]>
https://www.dailymail.co.id/heboh-sepeda-hilang-dan-foto-imam-nahrawi-di-alun-alun-blora/feed/ 0 498554
Liverpool Curi 3 Poin di Markas Chelsea https://www.dailymail.co.id/liverpool-curi-3-poin-di-markas-chelsea/ https://www.dailymail.co.id/liverpool-curi-3-poin-di-markas-chelsea/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:25:06 +0000 https://www.dailymail.co.id/liverpool-curi-3-poin-di-markas-chelsea/ Dailymail.co.id, London – Liverpool berhasil mencuri tiga poin setelah menang 2-1 atas tuan rumah Chelsea pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, Minggu (22/9/2019) malam WIB.

Baru 14 menit laga berjalan, Liverpool langsung menjebol gawang Kepa Arrizabalaga. Berawal dari skema tendangan bebas, Trent Alexander-Arnold melepas tembakan ke pojok kanan atas gawang Chelsea.

Menit 30, Roberto Firmino menambah derita Chelsea. Kembali dari skema tendangan bebas, Andy Robertson mengirim umpan silang yang ditanduk Firmino ke gawang tuan rumah. Skor 2-0 untuk Liverpool menutup babak pertama.

Di babak kedua, Chelsea mencoba bangkit. Serangan demi serangan dibangun pasukan Frank Lampard. Usaha ini membuahkan hasil di menit 71. Dari luar kotak penalti, N'Golo Kante mengirim bola yang tak mampu dihentikan Adrian.

Di sisa waktu, Chelsea bermain habis-habisan untuk menyamakan kedudukan. Namun, hingga laga usai, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Dengan hasil ini, Liverpool tetap bertengger di puncak klasemen Liga Inggris dengan 18 poin. Sementara Chelsea di posisi 10 dengan delapan angka.

Susunan Pemain

Gelandang Chelsea, Mateo Kovacic (OLLY GREENWOOD / AFP)

Chelsea: 1-Kepa Arrizabalaga; 28-Cesar Azpilicueta, 4-Andreas Christensen (15-Kurt Zouma 42'), 29-Fikayo Tomori, 33-Emerson Palmieri (3-Marcos Alonso 15'); 5-Jorginho, 7-N'Golo Kante; 10 -Willian Borges, 17-Mateo Kovacic, 19-Mason Mount; 9-Tammy Abraham

Liverpool: 13-Adrian San Miguel; 66-Trent Alexander-Arnold, 32-Joel Matip, 4-Virgil van Dijk, 26-Andy Robertson; 14-Jordan Henderson, 3-Fabinho, 5-Georginio Wijnaldum; 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane

Dailymail.co.id | Daily Mail Online:

]]>
https://www.dailymail.co.id/liverpool-curi-3-poin-di-markas-chelsea/feed/ 0 498556
Cerita tentang Rumah Usang yang Terjepit Apartemen di Ibu Kota https://www.dailymail.co.id/cerita-tentang-rumah-usang-yang-terjepit-apartemen-di-ibu-kota/ https://www.dailymail.co.id/cerita-tentang-rumah-usang-yang-terjepit-apartemen-di-ibu-kota/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:01:03 +0000 https://www.dailymail.co.id/cerita-tentang-rumah-usang-yang-terjepit-apartemen-di-ibu-kota/ Dailymail.co.id, Jakarta – Tak ada yang menyangka, ada sebuah rumah usang, tua, dan reyot dalam kompleks hunian vertikal atau apartemen mewah di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Sang pemilik memang menolak menjual rumah itu, meski ditawar miliaran rupiah oleh pihak apartemen.

Menjaga warisan nenek moyang adalah alasan satu-satunya Elis, sang pemilik rumah, tak bersedia menjual tempat tinggal yang berdiri sejak 1935 tersebut. Terlebih, harta bukan menjadi masalah dalam kehidupannya.

Dahulu, tanah yang diduduki Elis merupakan pemukiman warga. Hingga sekitar 2005, pengembang ingin membeli lahan tersebut. Puncaknya 2009-2010, area itu rata dengan tanah. Tersisa rumah Elis.

Chairul Bahri, sang suami mengatakan, pihak apartemen pernah merayu Elis supaya merelakan rumahnya. Namun, bujukan rayu pihak apartemen berjalan alot. Elis tetap kukuh tinggal di sana bersama keluarga hingga akhirnya, pihak apartemen tetap mendirikan gedung pencakar langit tersebut.

Pihak apartemen sempat menawarkan supaya Elis menjual rumah usangnya dengan tawaran dua pilihan. Uang Rp 2 miliar lebih atau ditukar dua unit apartemen. Elis tidak goyang terhadap tawaran menggiurkan itu. Ia kebal dari bayang-bayang apartemen yang cukup mewah di dekat rumahnya.

"Itu Rp 2,5 M (pernah) kayaknya (ditawar) atau tuker apartemen," kata Chairul yang berusia 72 tahun itu.

Pada kesempatan lain, Elis mengatakan dengan nada lantang, ia tetap tak tunduk terhadap para cukong tajir. Tetap memastikan bertahan di rumahnya itu.

Dia kemudian menyinggung 'kandungan' sangat berharga yang berada di rumah usangnya. Misteri itu adalah alasan kuat Elis ogah angkat kaki.

"Saya buat apaan harta, tanah saya banyak, rumah saya banyak, tapi saya lebih cinta sama rumah ini," kata Elis di kesempatan terpisah.

Suami Tak Mau Ungkit Masa Lalu

Dailymail.co.id/Ady Anugrahadi)” alt=”Rumah usang yang berdiri di tengah-tengah area apartemen di Thamrin, Jakarta Pusat. (Dailymail.co.id/Ady Anugrahadi)”/>

Bahri, suami Elis, heran ketika mengetahui kisah rumahnya viral. Memang, dengan pengelola apartemen yang dulu, pernah ada kesalahpahaman. Namun, bagi dia, cerita tentang rumahnya cukup dibagikan ke cucu-cucunya.

Kini, Bahri tak mau lagi mengungkit masa lalu.

“Saya enggak mau bicarakan lagi yang sudah lalu. Kita sudah tenang, enggak ada masalah apa-apa,” ucap Bahri.

Bahri punya alasan kuat untuk itu. Dia merasa pengelola apartemen telah banyak membantunya. Bahri menyingung satu per satu kebaikan pengelola.

“Dia baik sama kita. Kami tidak diusir. Pengelola memberikan kami jalan, membuatkan gorong-gorong. Saya pun parkir motor gratis,” ucap suami pemilik rumah usang di tengah apartemen itu.

Bahri menjelaskan, pengelola sama sekali tak usil. Pengelola bahkan ikut membantunya setiap kali mengelar acara-acara besar.

“Kami mau gelar tiker di sini, pihak apartemen tidak apa-apa. Pas Lebaran kemarin pada ngumpul-ngumpul, pihak apartemen membantu mengatur jalan,” ujar dia.

Bahri pun berharap kisahnya tak usah dibesar-besarkan. Ia khawatir malah menyulut emosi pengelola. Padahal, selama ini baik-baik saja.

“Saya enggak mau membuka masa lalu. Nanti tersinggung sama pembicaraan kita dia nuntut ke kita,” tegas Bahri.

Kata Ketua RT

Kondisi sebuah rumah usang yang berada di halaman belakang apartemen Thamrin Executive Residence, Kebon Melati, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Puncaknya 2009-2010, area yang dulunya merupakan permukiman warga pun rata dengan tanah dan berganti gedung apartemen. (Dailymail.co.id/Iqbal S Nugroho)

Ketua RT setempat bernama Wasron juga bercerita tentang kehidupan Elis. Ia mengaku kondisi ekonomi Elis sebenarnya berkecukupan. Punya kontrakan banyak dan bisnis catering. Sementara, sang suami sibuk berdagang di pasar tanah abang.

"Rp 5 M mau dibayar (pihak apartemen), enggak mau sampai turun. Katanya, dengar saja gitu. Rp 3 miliar apa (kalau tidak salah)," ucap Roni sapaan akrabnya.

Roni masih penasaran apa yang membuat Elis tetap bertahan. Rasanya ada yang disembunyikan oleh Elis di rumahnya itu yang disebutnya 'kandungan' walau dianggap Roni hanya sebatas alibi belaka.

"Katanya. Kalau orang waras kan beda. Gitu saja. Katanya sih mengandung uranium, udah gitu aja. Ah udah lama itu mah. 10 tahun lalu gitu terus," ucap pria 42 tahun itu sambil tertawa.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

]]>
https://www.dailymail.co.id/cerita-tentang-rumah-usang-yang-terjepit-apartemen-di-ibu-kota/feed/ 0 498496
Bahaya, Konsumsi Air Kubangan Bekas Tambang Bauksit Bikin Lumpuh dan Pikun https://www.dailymail.co.id/bahaya-konsumsi-air-kubangan-bekas-tambang-bauksit-bikin-lumpuh-dan-pikun/ https://www.dailymail.co.id/bahaya-konsumsi-air-kubangan-bekas-tambang-bauksit-bikin-lumpuh-dan-pikun/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:00:43 +0000 https://www.dailymail.co.id/bahaya-konsumsi-air-kubangan-bekas-tambang-bauksit-bikin-lumpuh-dan-pikun/ Dailymail.co.id, Tanjung Pinang – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi air yang bersumber dari kubangan bekas pertambangan bauksit, karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya hingga kematian.

Kepala Dinkes Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, air yang berasal dari kubangan bekas pertambangan bauksit mengandung almunium, besi dan partikel lainnya yang dapat merusak organ tubuh hingga syaraf pusat.

"Air yang diambil dari sumber kubangan, yang masih tampak lumpur kuning seharusnya tidak dikonsumsi, karena digunakan untuk mandi saja tidak memungkinkan karena merusak kulit," ujarnya di Tanjungpinang, Minggu (22/9/2019).

Tjetjep mengatakan almunium yang dikandung di dalam air tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan pada orang yang mengonsumsinya, meskipun setelah direbus hingga mendidih. Bahkan air yang tidak steril itu dapat mempercepat pikun.

"Kerusakan pada paru-paru, jantung, dan ginjal. Ini bisa menyebabkan gagal ginjal jika partikel itu tertimbun di ginjal," jelasnya.

Tjetjep mengatakan air yang dikonsumsi oleh masyarakat harus berasal dari sumber air bersih, bukan dari bekas galian bauksit. Contohnya, air sumur yang sudah diuji kualitasnya.

"Sumber air untuk dikonsumsi itu harus bersih. Ciri-ciri air bersih itu tidak berwarna dan tidak bau," katanya.

Ia menyesalkan sikap oknum penjual air keliling yang curang. Penjual seharusnya tidak memanfaatkan musim kering ini dengan menjual air dari bekas galian bauksit, melainkan harus memperhatikan dampaknya.

"Jangan pula melakukan kegiatan sosial dengan menyumbang air yang berasal dari sumber air yang tidak sehat," ucapnya.

Berdasarkan hasil penelusuran Antara sejak pekan lalu hingga hari ini masih banyak pedagang curang menjual air yang bersumber dari kubangan bekas galian bauksit di Senggarang Tanjungpinang, dan Wakil Copek, Bintan.

Pedagang menjual air dengan harga Rp50.000-Rp60.000 per 1.000 liter.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

]]>
https://www.dailymail.co.id/bahaya-konsumsi-air-kubangan-bekas-tambang-bauksit-bikin-lumpuh-dan-pikun/feed/ 0 498498
VIDEO: Kebakaran Melalap Kedai dan Kantor Kontraktor di Rungkut Surabaya https://www.dailymail.co.id/video-kebakaran-melalap-kedai-dan-kantor-kontraktor-di-rungkut-surabaya/ https://www.dailymail.co.id/video-kebakaran-melalap-kedai-dan-kantor-kontraktor-di-rungkut-surabaya/#respond Sun, 22 Sep 2019 17:00:19 +0000 https://www.dailymail.co.id/video-kebakaran-melalap-kedai-dan-kantor-kontraktor-di-rungkut-surabaya/ Dailymail.co.id, Jakarta – Kebakaran kedai dan kantor kontraktor, di Rungkut Surabaya terekam video amatir. Diduga api berasal dari kedai yang ditinggalkan pemiliknya. Api kemudian merembet ke kantor kontraktor yang berada di sebelahnya, berikut liputannya, Minggu, 22 September 2019.

“Api membumbung ternyata dari kedai ini,” kata Ghufron, salah seorang warga.

Petugas Pemadam Kebakaran berjibaku untuk memadamkan api, untuk membantu proses pemadaman, petugas Pemadam Kebakaran menurunkan 12 mobil pemadam. Selama proses pemadaman, petugas tidak mengalami kendala sama sekali, karena lokasi kebakaran berdekatan dengan jalan raya.

]]>
https://www.dailymail.co.id/video-kebakaran-melalap-kedai-dan-kantor-kontraktor-di-rungkut-surabaya/feed/ 0 498500