Face ID iPhone Bakal Bisa Kenali Pembuluh Darah

Koran Online

Daily News / Koran Online 24 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Fitur keamanan biometrik Face ID milik Apple dikembangkan untuk menjadi lebih aman di masa yang akan datang.

Setelah Face ID canggih pada iPhone X, Face ID Apple nantinya bisa memindai pola pembuluh darah di bagian tubuh penggunanya.

Uniknya, kemungkinan pola pembuluh darah pengguna bisa dipakai menjadi salah satu autentikasi biometrik.

Bahkan, ke depannya autentikasi biometrik berdasarkan pola pembuluh darah bisa digunakan untuk membedakan orang kembar sekalipun.

Informasi ini didapat dari sebuah paten baru yang diterima Apple dari lembaga pemberi paten Amerika Serikat.

Paten tersebut bernama "Vein imaging using detection of pulsed radiation" atau "pencitraan pembuluh darah menggunakan deteksi denyut nadi."

Paten ini pertama kali diterapkan pada 12 November 2015. Dalam penjelasannya, teknologi ini bekerja menggunakan emitor infrared dan receiver yang mampu mendeteksi pola pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Singkatnya, sinar infrared memancarkan cahaya ke seluruh area tubuh yang dipindai. Sinar infrared mampu menembus kulit dan bisa memantulkan pembuluh darah pengguna.

Dalam patennya, Apple mencatat sistem otentikasi ini sangat akurat untuk memindai tangan karena kerumitan pola pembuluh vena di tangan.

Comments