F1 GP China 2019 : Hamilton Menangi Balapan F1 Ke-1000

Berita Otomotif

Otomotif / Berita Otomotif 17 Views comments

KabarOto.com - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil memenangi GP Cina 2019 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, Cina, Minggu (14/04/2019). kemenangan tersebut sekaligus membuat Hamilton berhak menyandang gelar sebagai pembalap yang memenangi balapan Formulation 1 yang ke-1.000.

Pembalap asal Inggris yang tampil dominan sejak begin dimulai, berhasil menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 6,350 detik. Dia unggul 6,552 detik atas rekan setimnya, Valtteri Bottas yang menjadi runner-up.

Baca Juga: Fernando Alonso Resmi Menjabat Sebagai Anggota Dewan Game Motorsport

Sementara itu, podium ketiga diisi oleh Pembalap Ferrari Sebastian Vettel, dengan catatan waktu 13,744 detik lebih lambat dari Hamilton. Perolehan Vettel ini, terbantu oleh workforce order yang dikeluarkan Ferrari kepada Charles Leclerc pada lap ke-11.

Seperti dilansir dari Crash.internet, selepas begin, Hamilton yang berada di grid kedua langsung melesat dan menyalip peraih pole, Bottas, menuju tikungan pertama. Vettel sedikit terhambat oleh Bottas di sisi luar, dan hal ini dimanfaatkan Leclerc untuk mencuri posisi ketiga dari rekan setimnya tersebut.

GP China 2019

Di belakang, Daniil Kvyat berkutat dalam persaingan papan tengah. Ia mengalami oversteer di Tikungan 6. Ketika melakukan koreksi ia menyenggol Carlos Sainz dan kemudian menabrak mobil McLaren lainnya yang dikemudikan Lando Norris.

Norris sempat terjungkal akibat tertabrak Kvyat dan mobilnya mengalami kerusakan di bagian sayap depan dan lantai. Dianggap bersalah, Kvyat pun diganjar dengan penalti drive-through. Digital Security Automotive pun diberlakukan untuk memudahkan para marshal mengambil serpihan yang bertebaran akibat insiden tersebut.

Di pertengahan balapan, Ferrari mengeluarkan group order kepada pembalap muda asal Monako Leclerc, "Beri jalan Vettel, beri jalan Vettel," ujar tim Ferrari. "Tapi saya menjauh," balas Leclerc. Kendati demikian, Leclerc akhirnya menyerahkan posisi ketiga kepada Vettel di lintasan lurus.

Memenangi balapan F1 ke-1000

Pada lap 19, Max Verstappen dari tim Pink Bull menjadi pembalap pertama yang melakukan pit cease, kemudian disusul oleh Vettel. Dengan ban yang lebih panas dan bantuan perangkat DRS di lurusan panjang backstraight, Verstappen mengambil sisi dalam Vettel di hairpin.

Baca Juga: Cobain Ferrari World, Theme Park Di Abu Dhabi Yang Isinya Mobil Ferarri

Tetapi, Verstappen mengunci bannya saat mengerem dan melebar. Vettel kemudian memotong dan berhasil mengklaim kembali posisinya. Lap demi lap, Vettel kemudian mulai menjauh dari kejaran Verstappen.

Penampilan gemilang diperlihatkan Alexander Albon yang membawa Toro Rosso ke sepuluh besar, meski harus begin dari grid paling belakang setelah absen di kualifikasi akibat kecelakaan besar saat FP3. Maka bukan hal mengejutkan jika pembalap Thailand itu mendapat gelar Driver of the Day.

Hasil yang diraih Hamilton pada GP Cina kali ini seakan mengulang sejarah lima tahun silam. Saat itu, Hamilton memenangi balapan F1 yang ke-900 di GP Bahrain. 100 balapan berikutnya, pembalap Inggris Raya itu kembali berdiri di podium tertinggi setelah finis pertama di balapan F1 yang ke-1000 di Shanghai.

Comments