Erupsi Dahsyat, Gunung Kilauea Semburkan Abu Setinggi 9.000 Meter

Koran Online

Daily News / Koran Online 46 Views comments

Sejauh ini, 31 rumah dilaporkan terkena dampak erupsi Gunung Kilauea, yang terjadi setelah gempa bumi besar pertama sejak 43 tahun terakhir mengguncang Pulau Besar Hawaii (Huge Island Hawaii) pada Sabtu, 5 Mei 2018. Namun tak dirinci kerusakan yang terjadi pada bangunan tempat tinggal tersebut.

Seperti dikutip dari The Guardian pada Selasa, eight Mei 2018, aktivitas gunung api teraktif di Hawaii itu juga memicu retakan di beberapa titik di Leilani Estates. Ini kemudian mendorong aliran lava mengalir ke space permukiman warga, lalu memblokir jalanan.

Menurut laporan dan gambar yang beredar luas, asap terlihat mengepul dari jalanan retak. Sementara, lava dari Gunung Kilauea yang menyembur membakar pohon dan meninggalkan jejak gosong di atas jalanan.

Beberapa jalan rusak, dan ada kemungkinan celah dapat terbuka lebih lanjut atau yang baru bisa muncul. Taman dan kampus-kampus ditutup, sementara 1.800 dari 185.000 penduduk pulau itu terpaksa mengungsi.

Sebelumnya, dikutip dari Vox.com, Lembaga Geologi Nasional Amerika Serikat (AS), USGS, melaporkan kini ada 10 retakan muncul di sisi timur Gunung Kilauea. Cahaya dari laharnya bahkan dapat terlihat oleh satelit.

Comments