Doa Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Hilangkan Rasa Malas

, Doa Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Hilangkan Rasa Malas, Dailymail.co.id | Daily Mail Online
Rate this post

Dailymail.co.id, Jakarta Doa semangat bekerja nampaknya penting bagi Anda yang hendak memulai aktivitas usai libur lebaran. Momen lebaran selalu dimanfaatkan banyak orang untuk melepas penat pekerjaan. Libur lebaran menjadi salah satu hal yang paling ditunggu.

Usai lebaran, rutinitas kembali seperti sedia kala termasuk pula bekerja. Terkadang suasana liburan akan terbawa hingga saat waktunya bekerja kembali. Akibatnya rasa malas mengiringi dan melemahkan semangat bekerja.

  • Doa Halalbihalal yang Dapat Dipanjatkan, Tradisi Lebaran Penyambung Silaturahmi
  • 7 Penyakit yang Mengintai Pasca Lebaran, Jaga Konsumsi Makanan
  • Lantunkan Doa Ini agar Terhindar dari Kesulitan

Dalam Islam, bekerja juga termasuk dalam sebagian ibadah. Dengan bekerja, manusia telah menjalankan ikhtiar demi mendapatkan rezeki yang halal seperti dijanjikan Allah SWT. Maka dari itu doa semangat bekerja usai lebaran dapat dipanjatkan agar rasa malas tak terus menghantui.

Doa semangat bekerja usai libur lebaran dapat berupa doa untuk menghilangkan rasa malas dan memohon limpahan rezeki. Dengan memanjatkan doa semangat bekerja usai libur lebaran, rasa malas akan sirna dan rezeki makin melimpah. Doa semangat bekerja usai libur lebaran bisa dipanjatkan sebelum berangkat bekerja atau saat bekerja.

Nah, seperti apa doa semangat bekerja usai libur lebaran? simak ulasan Dailymail.co.id tentang doa semangat bekerja usai libur lebaran yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa(11/6/2019).

2 dari 4 halaman

Pentingnya berdoa

, Doa Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Hilangkan Rasa Malas, Dailymail.co.id | Daily Mail Online
Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)

Dalam tiap langkahnya, manusia selayaknya harus terus berdoa pada Allah. Doa merupakan pengantar komunikasi antar umat dan Tuhannya. Dengan doa manusia dapat meminta apapun pada Allah dan dikabulkan atas seizin-Nya.

Dalam Al-Qur'an, Allah subhânahȗ wa ta'âlâ berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian'." (QS Ghâfir: 60).

Dilihat dari dalil hadits, terdapat banyak sekali dalil-dalil tentang fadlilah-fadlilah berdoa. Di antaranya:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا

Artinya: "Tidak ada seorang Muslim yang berdoa dengan tidak disertai dengan doa dan memutus hubungan persaudaraan kecuali Allah pasti akan memberikannya salah satu dari tiga hal. Bisa disegerakan doanya untuk dikabulkan, mungkin pula Allah menyimpannya sehingga dibalas di akhirat kelak. Dan kemungkinan pula Allah akan menghindarkan dia dari kejadian buruk yang menjadi ganti setara dari doa kebaikan yang ia panjatkan." (HR. Ahmad)

3 dari 4 halaman

Doa semangat bekerja usai libur lebaran

, Doa Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Hilangkan Rasa Malas, Dailymail.co.id | Daily Mail Online
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (sumber: iStockphoto)

Doa untuk menghilangkan rasa malas saat bekerja

Saat mulai bekerja apa lagi usai libur lebaran, rasa malas atau keluh kesah akan timbul. Agar hati tetap tenang, berikut dia untuk menghilangkan rasa malas saat mulai bekerja:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ’ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia." (HR Abu Dawud 4/353)

Doa memohon kesuksesan saat bekerja

Kesuksesan tidak bisa datang sendiri. Selain usaha, seorang muslim dianjurkan untuk melantunkan doa agar Allah SWT memberikan kesuksesan terutama dalam bekerja.

Dikutip dari Dream, berikut doa untuk meraih kesuksesan dalam bekerja disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz H Amrin Ali Al Kasyaf:

" Allahumma innii as aluka khairal mas alati wa khairad du'aai wa khairan najaahi wa khairal 'amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa' darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil 'ulyaa fil jannati."

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga."

4 dari 4 halaman

Tips kembalikan semangat kerja usai lebaran

, Doa Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Hilangkan Rasa Malas, Dailymail.co.id | Daily Mail Online
Ilustrasi kantor dan tempat kerja. (iStockphoto)

Selain berdoa, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan semangat bekerja. Dengan tips ini Anda akan terhindar dari rasa malas saat menjalani rutinitas pekerjaan. Berikut tipsnya:

1. Datang lebih pagi

Cara ini bisa membuat Anda lebih semangat. Udara pagi akan dapat membuat menjadi lebih segar dan merasa rajin menyelesaikan tugas. Dengan begitu mood baik akan mudah terbangun dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan mudah.

2. Buat timeline pekerjaan

Agar tidak bingung dengan apa yang harus dikerjakan lebih dahulu, maka buatlah jadwal kerja pada hari pertama dan beberapa hari ke depan. Dengan begitu, Anda juga menyesuaikan ritme kerja setelah lama berlibur.

3. Atur waktu bekerja

Anda harus pandai mengatur waktu bekerja. Sebisa mungkin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar tidak keteteran dan membawa pekerjaan pulang ke rumah.

4. Berpikir positif

Pikirkan banyak hal menyenangkan dalam pekerjaan. Jika disuruh memilih antara bekerja atau liburan, sudah pasti Anda akan memilih liburan. Anda bisa mencoba memikirkan hal menyenangkan yang akan ditemui di kantor seperti bertemu teman kerja, makan siang bersama, dan masih banyak lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan