DKI Siapkan Parkir Sepeda di Trotoar Sampai Kantor Pemerintahan

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tempat parkir sepeda mulai dari trotoar sampai di kantor pemerintahan.

“Jadi parkir sepeda, untuk bike park and ride itu memang Dinas Perhubungan yang akan menyiapkan. Namun tetap Dinas Bina Marga akan memback up. Jadi nanti titik-titik lokasi mana yang akan dibuat tempat parkir sepeda itu yang ada di trotoar itu akan koordinasi dengan Dinas Bina Marga,” kata Hari di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 21 Oktober 2019.

Read More

Dia mengatakan, parkir sepeda sudah dibuat tidak hanya di trotoar tapi di kantor pemerintah, di balai kota, kecamatan, kelurahan, dan di tempat lain yang berdekatan dengan stasiun.

Sejak peluncuran jalur sepeda fase pertama, lahan parkir sepeda ini juga mulai dipersiapkan. Hari mengatakan luas lahan yang disiapkan sebesar 6×4 meter.

Luas tersebut menurut dia, lebih dari cukup. Konsep lahan parkir sepeda ini disiapkan Dinas Perhubungan.

“Jadi mereka sudah membuat konsep. Jadi kita kolaborasi dari Dimas Bina Marga, Dishub sudah menyiapkan kantong parkir, bahkan dengan MRT dan Transjakarta kita sudah kolaborasi di daerah mana yang akan dibuatkan parkir sepeda,” kata Hari.

Parkir Sepeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran melakukan test jalur sepeda dari Jakarta International Veldrome menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9/2019). Anies menjelaskan, selain difungsikan untuk olahraga sepeda juga bisa menjadi kendaraan jarak dekat. (<a href=Dailymail.co.id/Faizal Fanani)”/>

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan sejumlah fasilitas untuk menggugah minat masyarakat menggunakan sepeda. Salah satunya dengan menyediakan parkiran khusus sepeda di setiap stasiun MRT dan halte bus.

“Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda,” kata Anies di Terowong Kendal, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

“Nanti juga kita taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile menggunakan kendaraan umum,” sambung dia.

Anies menargetkan, fasilitas dan infrastruktur jalur khusus sepeda rampung hingga akhir 2019. Dengan demikian, masyarakat akan beralih menggunakan moda transportasi sepeda.

“Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Strateginya ada 2 dibangun ada yang menggunakan baru dimatangin. Sehingga nantinya stasiun-stasiun kereta api, MRT ada tempat yang cukup,” ujar dia.

Anies pun bercita-cita membuat Jakarta ramah dengan sepeda. Karena itu, Anies membangun jalur-jalur sepeda di jalan raya maupun trotoar. Harapannya banyak warga Jakarta yang menggunakan sepeda.

“Kita ingin mendorong bersepeda bukan hanya sebagai alat olahraga saja tapi juga transportasi,” ucap dia.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Dailymail.co.id | Daily Mail Online

Related posts

Leave a Reply