Diterjang Puting Beliung, Atap Rumah di Bogor Beterbangan

Nasional

Berita / Nasional 63 Views comments

Liputan6.com, Jakarta Bangunan rumah dan pertokoan di tiga kecamatan di Kota Bogor, Jawa Barat diterjang angin puting beliung sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (5/12/2018). Kuatnya angin membuat atap rumah warga terbang hingga belasan meter.

Pantauan Liputan6.com, salah satu wilayah terdampak paling parah angin puting beliung terjadi di Jalan Saleh Danasasmita, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan. Bangunan rumah warga dan pertokoan porak poranda diterjang angin.

Bahkan, atap ruko pegadaian dan warung web terbang hingga menutup ruas Jalan Saleh Danasasmita. Kubah masjid terbang menimpa rumah warga.

"Suaranya keras kayak bunyi tabrakan, saya ngeliat ke jendela anginnya berwarna hitam dan berputar. Saya lihat material-material beterbangan di udara" kata Useful Novian, warga Jalan Saleh Danasasmita, Kelurahan Cipaku.

Saat itu, seluruh penduduk terdengar mengumandangkan adzan di dalam rumah mereka masing-masing.

"Semua ga ada yang berani keluar. Tahu-tahu atap rumah tetangga terangkat dan terbang terbawa angin," kata Iis Nurlaela.

Ketua RW 07 Kelurahan Batu Tulis, Ade Suhendar menyebutkan ada 175 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan rusak diterjang angin puting beliung. Dari ratusan bangunan, tiga bangunan roboh.

"60 unit di wilayah RT0 1, 60 unit di RT 03, dan 55 unit di RT02. Umumnya kerusakan dibagian atap. Namun tingkat kerusakannya sangat parah," sebut Ade.

Camat Bogor Selatan Sujatmiko menyebut wilayah yang diterjang puting beliung meliputi Kelurahan Lawang Gintung, Cipaku, Batu Tulis, Rangga Mekar, Pamoyanan, dan Rancamaya,

Dari tujuh kelurahan tercatat sebanyak 770 bangunan rusak diterjang puting beliung.

"Jumlah ini dipastikan masih akan terus bertambah," kata Sujatmiko ditemui di lokasi.

Comments