Dinas LH: Sampah Bambu di Sungai Cikeas Bekasi Diangkut Selasa

  • Whatsapp

Bekasi – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi turun tangan terkait adanya tumpukan sampah bambu di Sungai Cikeas, Kota Bekasi. Sampah itu akan dibersihkan Hari Selasa (15/10) depan.
"Nanti kita mau bersihkan Hari Selasa," ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Masriwati, ketika dihubungi, Jumat (11/10/2019).
Pasukan katak DLH Kota Bekasi akan dikerahkan untuk membersihkan sungai. Pembersihan sungai dilakukan secara manual.
"Manual, masih manual karena alat berat nggak bisa masuk," ujar Masriwati.
Dalam aksi pembersihan Sungai Cikeas itu, DLH Bekasi akan bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C). Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Bogor dan Pemkot Depok.
"Di KLHK sudah memfasilitasi sudah berbagi tugas tugasnya apa-apa. Masing-masing (pemerintah daerah) mengendalikan sumber limbahnya, sampahnya," ujarnya.
Sebelumnya, sampah bambu di Sungai Cikeas, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, mendominasi ruas sungai pada Kamis (10/10) sore. Panjang bambu bervariasi mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Terlihat pula batang pohon dan daun pisang.
Selain itu, juga tampak sampah-sampah rumah tangga. Mulai dari plastik hingga styrofoam. Air sungai hampir tak terlihat. Panjang tumpukan sampah mencapai sekitar 120 meter.
(isa/mea)

Pos terkait